Tekno  

Lebih baik Tablet atau Laptop Ya? Cek Di Sini Plus Minusnya!

HALOSMI.COM- Di zaman sekarang ini sudah banyak tablet yang menyamai laptop, sementara laptop sudah mulai memangkas bobot mereka untuk menyaingi tablet.

Ada banyak alasan mengapa kedua gadget itu masih cukup laris di pasaran. Tingginya permintaan dan beragamnnya kebutuhan pengguna menjadi contoh mengapa tablet dan laptopp masih diminati.

Lantas apa saja plus minus dari tablet dan laptop? Berikut kami rangkum untuk anda.

1. Desain
Secara desain tablet memang bisa dibilang menawarkan ukuran yang lebih ringkas. Bobotnya pun hampir dibawah 1 kg, sehingga mudah untuk dimasukan ke dalam tas kecil atau dibawa ke mana-mana.

Sementara itu laptopp sejatinya memiliki banyak komponen yang lebih kompleks. Kalaupun ada yang memiliki desain yang setipis tablet, harganya pun jelas cukup mahal.

2. Performa
Laptop jelas lebih unggul di poin ini. Jika Anda membutuhkan pekerjaan lebih berat seperti desain grafis, editing dokumen, dan multitasking lainnya, jelas laptop menjadi pilihan utama. Selain itu area luas laptop juga memudahkan pengguna saat bekerja.

Di sisi lainnya, tablet sejatinya sudah dibekali oleh prosesor canggih untuk menjalankan program berat. Namun demikian, performa tablet tetap terbatas untuk bidang perkerjaan tertentu.

3. Kapasitas penyimpanan
Untuk kapasitas penyimpanan tablet umumnya hanya memiliki kapasitas 16GB hingga 1TB. Belum lagi pengguna harus membeli aksesoris tambahan untuk menyimpan file yang ada di tablet atau harus berlangganan layanan komputasi awan.

Di sisi lain, laptopp memiliki kapasitas yang beragam sesuai kebutuhan pengguna. Selain itu banyak teknologi baru yang membuat proses transfer data menjadi lebih cepat.

4. Kapasitas baterai 
Kapasitas baterai tablet biasanya di kisaran 5.000 mAh dengan daya sampai 20 jam dalam sekali pengisian daya. Namun durasi tersebut jelas akan bergantung dengan gaya pengguna dan aplikasi yang berjalan.

Sementara laptopp terbaru biasanya sudah dipasangi baterai dengan kapasitas besar hingga 65 Wh lebih. Meski hanya tahan 5-10 jam, namun kini banyak produsen laptop yang sudah melengkapinya dengan fitur pengisian daya cepat seperti tablet.

5. Harga
Bicara harga, kedua perangkat ini memang memiliki karakteristik yang berbeda. Namun laptop bisa setara harga tablet dengan menurunkan sejumlah spesifikasi mereka. Di sisi lain tablet pun tidak mau kalah dengan menawarkan harga terjangkau, lengkap dengan aksesoris tambahan layaknya laptop.

Meski secara harga, laptop murah punya spesifikasi dan performa ala kadarnya, namun semuanya kembali lagi kepada pengguna.

Jika ingin kemampuan untuk multitasking dan kapasitas penyimpanan yang besar, maka laptop cocok untuk dipilih. Sebaliknya jika Anda ingin perangkat yang ringkas dan hanya sekadar untuk pekerjaan ringan, maka tablet dapat menjadi pilihan yang tepat.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *