Ibadah  

Makanan Ini Jangan Dibuat Menu Sahur! Agar Kuat Puasa Seharian

HALOSMI.COM- Tidak semua menu makanan cocok untuk dimakan saat sahur. Karena ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan rasa lapar datang lebih cepat atau bahkan gangguan pencernaan.

Oleh karena itu, harus pintar-pintar memilih menu makanan saat sahur agar ibadah puasa kita lancar dan terhindar dari gangguan.

Menu Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

1. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi seperti gorengan, makanan cepat saji berminyak, atau santan dalam jumlah besar sebaiknya dihindari saat sahur.

Lemak jenuh dalam makanan tersebut sulit dicerna, dan dapat menyebabkan rasa kenyang yang tidak bertahan lama.

Selain itu, makanan berlemak tinggi juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Makanan Manis Berlebihan

Mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi seperti kue manis, donat, atau minuman bersoda pada saat sahur dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 dan menyebabkan penurunan energi secara drastis di tengah hari.

Gula sederhana dalam makanan tersebut juga dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang cepat, yang kemudian diikuti dengan penurunan yang tajam.

3. Makanan Tinggi Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh sebaiknya dihindari saat sahur.

Meskipun kafein dapat memberikan efek sementara dalam meningkatkan kewaspadaan dan menunda rasa kantuk, konsumsi kafein berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan gangguan tidur selama hari puasa.

4. Makanan Asin dan Berbumbu

Makanan yang tinggi garam atau bumbu seperti makanan olahan, makanan kalengan, atau makanan siap saji mengandung sodium tinggi yang dapat menyebabkan dehidrasi karena menarik air keluar dari tubuh.

Selain itu, makanan asin berlebihan juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

5. Makanan Berprotein Tinggi

Meskipun protein penting untuk menjaga kesehatan otot dan memperpanjang rasa kenyang, mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti daging berlemak, sosis, atau keju pada saat sahur dapat membuat tubuh terasa lebih berat dan lambat dalam mencerna makanan.

Sebaiknya pilih sumber protein yang lebih ringan seperti ikan, telur, atau produk susu rendah lemak.

Nah, itulah beberapa menu makanan yang harus dihindari saat sahur. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan!

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *