“bjb

Manjakan Istri, Ini 13 Motif Dinding yang Bikin Dapur Anda Cantik dan Estetik

ilustrasi
Ilustrasi

HALOSMI.COM – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik atau menata tampilan dapur, salah satunya dengan menerapkan keramik motif pada dinding dapur. Dapur merupakan area yang sangat krusial di dalam rumah. Layaknya anatomi tubuh manusia, dapur diibaratkan sebagai “jantungnya” rumah.

Meski dapur umumnya diposisikan di area belakang hunian, tetapi dapur merupakan ruangan yang paling sering digunakan penghuni rumah untuk mengolah makanan. Maka itu, menghadirkan kenyamanan dan estetika pada interior dapur merupakan hal yang perlu dilakukan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan mood saat memasak.

Jika sedang mencari inspirasi motif keramik dinding dapur, berikut kami hadirkan sejumlah pilihannya.

1. Keramik Dinding Motif Marbel

Keramik dengan motif marble umumnya digunakan untuk keramik lantai. Namun, marble juga cocok dijadikan pilihan motif keramik dinding dapur.

Apalagi jika kamu ingin menciptakan dapur dengan kesan mewah, sebab motif marble biasanya diaplikasikan pada keramik berbahan granit.

2 Keramik Dinding Motif Heksagon

Heksagon merupakan salah satu motif keramik dinding dapur yang cukup banyak dijual dipasaran. Motif keramik ini cukup banyak dicari karena bentuknya yang unik.

Selain itu, keramik dinding dapur dengan motif heksagon juga dipercaya bisa menghadirkan kesan luas pada ruangan. Maka itu, motif keramik dinding ini ideal diterapkan pada desain dapur minimalis.

3. Keramik Dinding Motif Geometri

Secara bentuk, bentuk motif geometri mirip dengan motif heksagon. Keduanya sama-sama memiliki bentuk yang elegan dan unik. Keramik dinding dapur motif geometri juga cukup sering digunakan oleh para pemilik rumah, terutama pada dapur yang memiliki ukuran cukup luas.

Pasalnya, penerapan keramik dinding dapur motif geometri dipercaya bisa menciptakan kesan penuh pada ruangan.

4. Keramik Dinding Motif Mix

Jika ingin menciptakan tampilan dapur yang estetis tapi anti-mainstream, kamu bisa menerapkan keramik dinding dapur dengan motif mix atau campuran.

Penerapannya bisa dengan memadukan keramik bermotif kotak dengan heksagonal, seperti contoh di atas.

5. Keramik Dinding Motif Kotak-kotak

Motif keramik dinding dapur kotak-kotak bisa menjadi pilihan yang cocok sebagai motif keramik dinding dapur minimalis. Memiliki pola sederhana, motif ini juga dapat menciptakan ilusi optik yang menimbulkan kesan luas pada ruangan.

Meski begitu, untuk dapur berkonsep minimalis, ada baiknya memilih keramik motif kotak-kotak berwarna cerah. Meski begitu, kamu harus rutin membersihkan keramik dari noda bekas masakan agar tidak cepat menguning.

6. Keramik Dinding Motif Bunga

Jika ingin menghadirkan kesan fun dan colourful, kamu bisa memilih keramik dinding dapur motif bunga.

Keuntungan dari menerapkan motif keramik dinding dapur ini adalah, bisa menyamarkan noda bekas masakan.

7. Keramik Dinding Motif Chevron

Pola chevron bisa juga dijadikan pilihan motif keramik dinding dapur yang estetis. Pola dengan efek zig-zag ini bisa diterapkan dengan berbagai warna keramik.

Artinya, jika kamu menginginkan konsep dapur yang colourful, maka motif ini bisa jadi pilihan yang cocok. Motif ini juga memungkinkan kamu bisa bermain dengan banyak warna, lho.

8. Keramik Dinding Motif Herringbone

Sekilas, pola keramik herringbone dengan chevrone ini terlihat mirip karena sama-sama menimbulkan efek zig-zag. Namun, jika diperhatikan lebih detail, pola zig-zag yang dimunculkan kedua motif keramik tersebut berbeda.

Efek zig-zag pada motif herringbone dibuat dengan menempatkan keramik persegi panjang pada sudut 90 derajat, sehingga menimbulkan efek zig-zag bertumpuk. Adapun motif chevron, pola zig-zag-nya tercipta lewat potongan-potongan ubin yang disusun agar terlihat berbentuk “V”.

9. Keramik Dinding Motif Terrazzo

Keramik dinding dapur motif terrazzo barangkali masih terdengar asing di telinga banyak orang. Meski begitu, secara bentuk, pola atau motif, keramik dinding ini cukup sering digunakan.

Secara umum, motif ini memiliki bentuk yang abstrak karena dibuat dari pencampuran sejumlah material keramik, mulai dari marmer, granit, hingga kuarsa.

10. Keramik Dinding Motif Kayu

Jika ingin menghadirkan kesan natural pada dapur, kamu bisa memilih dinding keramik dapur motif kayu.

Penerapan motif keramik dinding dapur ini tidak hanya memberikan kesan natural, tetapi juga mampu menghantarkan kehangatan di area tersebut.

11. Keramik Dinding Motif Batu Bata

Keramik dinding dapur motif batu bata cocok diterapkan pada dapur berdesain industrial atau klasik.

Keunggulan dari keramik motif ini adalah harganya yang relatif murah dan cenderung mudah dipasang.

12. Keramik Dinding Motif Warna Hijau

Tidak hanya permainan motif atau pola, ada baiknya kamu juga memikirkan aspek warna jika hendak memasang keramik dinding dapur. Salah satu warna keramik yang bisa kamu terapkan adalah hijau.

Seperti diketahui, hijau mampu menghadirkan kesan asri dan segar pada ruangan karena identik dengan tumbuhan.

13. Motif Keramik Hitam Putih

Selain hijau, kamu bisa menerapkan motif keramik dinding dapur berwarna hitam dan putih, demi menciptakan kesan monokrom pada ruangan. Konsep monokrom saat ini cukup digemari oleh masyarakat karena mampu menghadirkan kesan futuristik.

Itulah sejumlah pilihan motif keramik dinding dapur dengan bentuk elegan dan estetik. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *