News, Tekno  

Masih Bingung Melakukan Screenschot di Laptop/PC ? Simak 4 Cara Mudahnya

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Screenshot atau tangkap layar adalah gambar digital yang menampilkan isi layar komputer. Tangkapan layar dibuat oleh sistem operasi atau perangkat lunak yang berjalan pada perangkat yang menyalakan layar.

Ada banyak cara yang bisa dipakai untuk melakukan screenshot layar laptop atau windows di berbagai merk laptop maupun notebook. Bahkan beberapa laptop sudah memiliki layanan fitur screenshot bawaan atau menggunakan tombol shortcut.

Namun masih banyak orang yang masih kebingungan bagaimana caranya untuk bisa screenshoot di laptop/pc. Dikutip dari cnet, berikut cara mudah untuk melakukan screenshot di laptop :

Print Screen 

Tombol “Print Screen” yang terkadang berlabel “PrtScn” atau “Prt sc” yang ada di keyboard, bisa kita gunakan untuk melakukan screenshoot di laptop yang nantinya hasil screenshot kamu tidak akan disimpan sebagai file, tetapi akan disalin ke papan klip. Kemudian kamu harus membuka alat pengeditan gambar (seperti Microsoft Paint) untuk mengedit dan menyimpan file tersebut.

Fn+Tombol Windows

Selain tombol PrtSc, kamu juga bisa menekan tombol Fn+ Windows untuk melakukan screenshot di laptop. Biasanya ini dilakukan untuk beberapa laptop yang tidak memiliki tombol PrtSc. Caranya sangat mudah, cukup kamu menekan Fn + tombol logo Windows + Space Bar untuk mengambil tangkapan layar. Hasil tangkapan layar akan disimpan ke folder Pictures dan Screenshots.

Fitur Snip & Sketch

Cara paling mudah untuk menggunakan fitur ini adalah dengan menekan shortcut tombol Windows + Shift + S. Kamu bisa menemukan fitur Snip & Sketch di menu yang terdapat dalam tombor Start atau dengan mengetikkannya melalui kolom pencarian.

Setelah membuka fitur tersebut, layar secara otomatis akan meredup. Ini berarti kamu sudah bisa melakukan screenshot dengan berbagai jenis, yaitu persegi panjang, bentuk bebas, dan full screen. Selanjutnya, hasil tangkapan layar kamu akan muncul dalam notifikasi di kanan bawah. Klik notifikasi itu untuk mengedit dan menyimpannya.

Tombol Windows + Print Screen 

Ketuk tombol Windows + tombol Print Screen, maka otomatis laptop akan menangkap layar yang kamu inginkan. Layar akan meredup sebentar untuk menunjukkan bahwa Anda baru saja mengambil tangkapan layar. Hasil tangkapan kayar akan disimpan ke folder Picture dan Screenshot.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *