“bjb

Matahari Terbit dari Barat? NASA Beri Jawaban Logis Perihal Ini

HALOSMI.COM- Beberapa kepercayaan dan keyakinan menyebutkan bahwa terbitnya matahari dari barat merupakan tanda datangnya hari kiamat. Sempat viral sebuah unggahan di Facebook yang menyebutkan matahari akan terbit dari Barat, namun NASA beri jawaban logis perihal ini.

Badan Antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration atau NASA menyoroti teori terkait pembalikan arah terbit matahari, sebagaimana yang diutarakan sebuah postingan di Facebook.

Postingan itu membuat heboh warganet, karena menyebutkan jika matahari terbit dari barat mengabarkan Bumi menghadapi kiamat. Postingan tersebut ditulis dalam bahasa Thailand dan Inggris dan menyebutkan berbaliknya arah terbit matahari itu disebabkan rotasi bumi berbalik arah.

Penulis postingan menjelaskan Bumi mengalami pembalikan medan magnet, dan mengklaim teori yang ada dalam unggahan itu juga didukung badan antariksa Amerika Serikat (AS) atau NASA.

“Bumi akan berputar ke arah sebaliknya yang menyebabkan Matahari muncul dari sisi barat. Periset meyakini bahwa kita bergerak menuju pembalikan medan magnet yang akan menjadi akhir umat manusia dan mendekati kiamat,” sebagaimana tertulis dalam postingan, dikutip Rabu, 22 November 2023.

Kendati begitu, NASA tak pernah mendukung klaim tersebut. Bettina Inclan, Associate Administrator for Communications NASA mengatakan pihaknya dan organisasi lain tidak mendukung teori tersebut. “Baik NASA maupun organisasi ilmiah lain tidak ada yang memprediksi Matahari akan terbit dari barat,” kata Inclan.

Meski begitu, NASA mengakui, perubahan medan magnet itu memang ada dan pernah terjadi, serta sejumlah ilmuwan mempelajari hal itu. Tapi, Inclan membantah membuat Bumi berputar ke arah sebaliknya.

“Adapun pembalikan medan magnet memang fenomena nyata yang telah terjadi beberapa kali di masa silam dan ilmuwan di seluruh dunia mempelajarinya, namun pernyataan jika hal ini membuat Bumi berputar ke arah sebaliknya yang menjadikan Matahari terbit dari barat adalah salah,” kata Inclan.

Namun salah satu planet tata surya memang ada yang menghadapi Matahari terbit dari Barat. Planet Venus berotasi ke arah belakang dan membuat Matahari tidak berasal dari Timur.

Untuk waktu rotasi, Venus membutuhkan waktu lama yakni 243 hari Bumi. Sedangkan lama planet tersebut mengelilingi Matahari selama 225 hari.

Hal ini berdampak pergantian hari dan tahun yang hampir sama. Di planet Venus, Matahari akan muncul satu kali dalam 117 hari atau dua kali dalam setahun.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *