Mau Punya Tubuh Ideal ? Lakukan Zumba Setiap Pagi, Simak Manfaat Lainnya

FOto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Zumba adalah bentuk olahraga dengan gerakan-gerakan dari berbagai gaya tarian Amerika Latin. Zumba memiliki ciri khas dengan menggunakan alunan musik, dansa, serta tepukan tangan. Maka dari itu, zumba menjadi salah satu olahraga yang cukup menarik serta tak membosankan.

Biasanya olahraga ini biasa di lakukan oleh para wanita. Hampir semua anggota tubuh ikut serta dalam olahraga ini mulai dari tangan, kaki, kepala, perut, bokong dan organ tubuh lainnya. Untuk kalian yang sedang melakukan program diet, olahraga ini sangat membantu dalam membakar lemak bahkan membentuk tubuh yang ideal.

Ada manfaat lain dari olahraga zumba, namun kamu harus benar-benar pastikan ketika melakukan zumba seperti :

  • Menggunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.
  • Memakai sepatu olahraga.
  • Jangan mengonsumsi makanan berat sebelum senam.
  • Minum air 20 menit sebelum zumbaBerlatih rutin.
  • Melakukan pemanasan terlebih dahulu.
  • Pakai handuk untun mengelap keringat.

Berikut manfaat lain dari zumba yang bisa kamu dapatkan :

Membakar Lemak dengan Cepat 

Ketika zumba, tubuh otomatis akan mengeluarkan energi yang berasal dari kalori yang ada dalam tubuh serta cadangan lemak yang ada pada tubuh. Rata-rata orang akan dapat bakar 600 hingga 1.000 kalori di setiap jam saat mereka lakukan kelas zumba.

Hal ini berasal dari senam yang dilakukan secara teratur yang dapat mengubah kecepatan serta irama dan dapat membuat tubuh berusaha menyesuaikan perubahan tersebut dan menghabiskan banyak energi sehingga membuat zumba menjadi bermanfaat untuk bakar lemak yang menumpuk serta dukung metabolisme pada tubuh.

Menurunkan Stress dan Depresi 

Irama lagu-lagu yang penuh semangat dengan tema upbeat, ini yang akan membuat seseorang menjadi lebih bisa memiliki mood yang baik sehingga mampu menurunkan stres bahkan depresi. Jadi ketika kamu mengalami stres ataupun gejala depresi kamu bisa melakukan olahraga zumba ini. Selain untuk kesehatan, senam zumba dapat memberikan pengaruh positif bagi kamu yang kerap dilanda stress ataupun bad mood.

Menjaga Kesehatan Otot 

Zumba telah dirancang menjadi kombinasi salsa serta aerobik, maka akan mendapat gerakkan seluruh tubuh dari atas ke bawah.

Selama tubuh bergerak mengikuti irama musik, maka tubuh akan ikut serta di dalam semua gerakan. Zumba akan dapat melibatkan banyak gerakan lengan yang berbeda-beda. Sehingga dapat perkuat otot-otot lengan, bahu, dada, serta punggung atas.

Menjaga Kesehatan Jantung 

Senam zumba mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kerja jantung, sehingga oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh pun lebih banyak. Lancarnya peredaran darah dan aliran oksigen ke seluruh tubuh juga dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Baik itu kolesterol maupun tekanan darah tinggi, keduanya perlu diwaspadai karena dapat memicu penyakit berbahaya lainnya. Oleh sebab itu, senam zumba sangat dianjurkan.(*)

 

 

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *