“bjb
News, Ragam  

Menarik! 4 Tradisi Malam Pertama Terunik di Indonesia, Berhubungan dengan Dukun Salah Satunya

Foto : Doc. Galeri Sumba

HALOSMI.COM- Tradisi menikah adalah serangkaian upacara atau kebiasaan yang dilakukan oleh suatu budaya atau masyarakat sebagai bagian dari pernikahan. Tradisi ini berbeda-beda di seluruh dunia dan dapat mencakup berbagai aspek, seperti upacara adat, simbolisme, pakaian, makanan, tarian, dan sebagainya. Dikutip dari pagaralampos.com berikut 4 tradisi malam pertama suku di Indonesia.

Ritual Suku Kelepom

Ternyata ritual kedewasaan tak hanya dilakukan oleh pria saja lho , tapi juga para wanita. Begitulah pula ritual yang dipraktikkan oleh Suku Kelepom yang ada di Papua. Dianggap dengan ritual kedewasaannya sendiri yang bisa dibilang ekstrem dan melibatkan hubungan badan juga. Diketahui untuk para gadis yang ingin dianggap dewasa, mereka harus melakukan ritual berhubungan badan dengan pria yang sudah menikah.

Pria-pria yang sudah menikah dianggap memiliki keistimewaan dan akan memberikan berkahnya kepada di gadis. Setelah ritual ini selesai, si wanita akan langsung dianggap sebagai sosok dewasa yang sudah siap mengemban banyak tanggung jawab.

Tradisi Perkawinan Aneh Suku Marind

Dalam buku Jan Boelaars berjudul Manusia Irian, ia berhasil mengungkapkan fakta aneh soal ritual perkawinan suku Marind yang ada di tanah Papua. Jika biasanya setelah menikah pasangan laki-laki dan perempuan akan tidur bersama, maka pria-pria Marind tidak demikian.

Hal yang mengejutkannya, Mereka lebih suka menghabiskan malam pertamanya dengan pria juga. Hal ini memiliki alasannya tersendiri, dikarenakan para pria ini tidak bisa begitu saja menyerahkan diri sepenuhnya kepada wanita. Dipercaya bahwa Tidur dengan istri di malam pertama akan membuat para pria Marind kehilangan kehormatan serta pamornya.

Ritual Berhubungan Dengan Dukun

Masih Memungkinkan di era sekarang masih sering ada ritual yang melibatkan dukun, hingga ada beberapa kasus dugaan dukun cabul. Namun ternyata ritual kedewasaan sudah ada sejak lama di beberapa suku di Indonesia.

Namun, ritual hubungan badan ini berbeda bentuknya. Dalam bukunya Gilbert H. Herd, seorang remaja baru dianggap dewasa jika ia sudah berhubungan badan dengan dukun. Suatu yang menghebohkan dari ritual ini adalah si dukun ternyata adalah seorang pria.

Adat Perkawinan Kuno di Ponorogo

Perlu diketahui bahwa di Ponorogo pernah ada tradisi perkawinan kuno yang bernama Gemblak. Diketahui ketika usai melangsungkan upacara pernikahan kedua mempelai akan berpisah tidurnya dalam beberapa hari. Si wanita akan tidur dengan keluarganya, sedangkan si pria akan ditemani oleh Gemblak.

Nah, Gemblak ini adalah seorang pria, tapi ia bukan laki-laki biasa. Menurut sejarahnya, Gemblak itu selalu tampan dan ia merupakan teman tidur dari Warok atau semacam tetua atau orang penting di sana. Pengantin pria dan Gemblak ini biasanya juga melakukan hubungan badan.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *