Ragam  

Mengalami Lidah yang Mati Rasa ? Begini Cara Mengatasinya

Foto : Doc. Viva

HALOSMI.COM- Mati rasa lidah paling sering disebabkan oleh reaksi alergi dari makan makanan atau bahan kimia tertentu, kadar kalsium rendah yang juga dikenal sebagai hipokalsemia, infeksi bakteri seperti penyakit Lymes, atau kondisi yang melibatkan sistem saraf.

Biasanya seseorang yang lidahnya mati rasa akan mengalami hilangnya sensasi atau perasaan di lidah. Bisa juga mungkin merasakan kesemutan di lidah, istilah medis untuk mati rasa atau kesemutan di bagian tubuh manapun disebut sebagai paresthesia.

Terkadang ketika sudah terjadi kondisi ini sering kali kita dibuat bingung bagaimana agar bisa mengatasinya. Dikutip dari  Buoy Health yang sudah ditinjau secara medis oleh Jeffrey M. Rothschild, MD, MPH, Berikut cara untuk mengelola gejala lidah mati rasa pada lidah.

Jauhi Makanan Pemicu Alergi

Perhatikan makanan yang tampaknya berhubungan dengan gejala lidah mati rasa ini. Makanan umum yang memicu alergi antara lain kacang-kacangan, ikan, dan gandum. Beberapa orang bahkan bisa alergi pada buah dan sayuran biasa seperti melon atau buah persik. Jauhi makanan pemicu alergi ini.

Diet Seimbang

Diet seimbang dan kaya vitamin sangat penting untuk kita penuhi agar saraf tetap sehat. Makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak bisa menutrisi tubuh, memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan saraf.

Olahraga Teratur

Menjaga berat badan agar tetap ideal dengan olahraga serta diet seimbang dapat mencegah dan juga mengontrol penyakit metabolik seperti obesitas dan diabetes, yang mana semua ini bisa jadi penyebab munculnya gejala mati rasa pada lidah.

Berkumur Air Garam

Cobalah untuk berkumur menggunakan air garam. Disini kamu bisa menyiapkan satu gelas air dingin, lalu tambahkan satu sendok teh garam ke dalamnya. Aduk rata, dan berkumurlah selama sekitar 30 detik. Jika memungkinkan, biarkan butiran garam tersebut melapisi lidah. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *