Mengapa Komedo Sulit Untuk di Hilangkan ? Yuk Simak Tips Mudah Mengatasinya

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Komedo atau blackheads merupakan bintik-bintik hitam yang umumnya muncul pada area hidung dan sekitarnya. Biasanya komedo yang muncul dalam jumlah banyak berpotensi mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang karena merasa bahwa penampilannya terganggu.

Komedo hitam biasanya muncul akibat tersumbatnya folikel rambut, yang tersumbat oleh kotoran, minyak dan juga kulit mati. Minyak atau yang biasanya disebut sebum, bisa menjaga kulit tetap lembab. Namun jika produksi minyak berlebihan itu akan menumpuk pada pori-pori. Pori-pori yang tersumbat akan menyebabkan benjolan, dan benjolan tersebut yang dinamakan komedo.

Baca juga : Tips Memilih Bedak yang Sesuai Dengan Kulit Wajah

Dengan adanya komedo, dengan mudah jerawatpun akan datang karena komedo adalah cikal bakal timbulnya jerawat. Maka dari itu penting untuk kita menghilangkan komedo di permukaan wajah khususnya di area hidung. Berikut tips mudah menghilangkan komedo :

Mengeksfloitasi Kulit 

Eksfoliasi kulit adalah proses mengangkat sel kulit mati dari lapisan luar kulit. Eksfoliasi bisa dilakukan dengan cara mekanis dan kimiawi. Eksfoliasi kulit secara mekanis bisa dilakukan dengan spons pencuci wajah, atau menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Sedangkan eksfoliasi dengan cara kimiawi adalah melakukan eksfoliasi dengan bahan yang mengandung asam alfa, dan menggunakan bahan beta hidroksi. Kedua eksploitasi ini akan membantu mencegah penumpukan sel kulit mati khususnya di area hidung.

Cuci Muka Dengan Sabun Khusus Komedo 

Cucilah wajah dua kali sehari menggunakan sabun khusus komedo, dan lakukan pada pagi hari juga malam hari. Hal ini dilakukan untuk mengangkat minyak dan menghilangkan kotoran diwajah.

Mencuci wajah tidak boleh dilakukan terlalu sering. Karena kalau dilakukan terlalu sering akan membuat kondisi kulit iritasi, dan menimbulkan masalah kulit yang lainnya.Ini adalah cara paling mudah dan sangat nyaman karena tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

Gunakan Produk Make-Up yang Bebas Minyak

Produk yang mengandung minyak, akan membuat produksi minyak di kulit menjadi berlebihan dan akan membuat pori-pori tersumbat sehingga mudah menimbulkan komedo berlebih. Maka dari itu untuk kamu yang memiliki komedo ataupun menghindari komedo di wajah gunakan produk make-up yang memiliki kandungan bebas minyak.

Baca juga : Tips Memilih Bedak yang Sesuai Dengan Kulit Wajah

Gunakan Masker Alami dari Putih Telur

Masker putih telur dapat digunakan untuk mengatasi jenis komedo terbuka atau blackheads, dan juga bermanfaat membersihkan kotoran pada kulit wajah.

Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan putih telur ke seluruh wajah (hindari bagian mata dan mulut), lalu diamkan hingga mengering. Lalu setelah terasa sudah cukup kering, tambahkan lagi putih telur pada seluruh wajah, dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *