Meningkat! 2,4 Juta Anak di Indonesia Idap Autisme

HALOSMI.COM- Autisme adalah Kondisi dimana mempengaruhi cara seseorang berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, dan di Indonesia jumlah autisme capai hingga 2,4 juta anak idap autisme.

Nah Anak-anak dengan autisme mungkin memiliki kesulitan dalam memahami ekspresi wajah, nada suara, atau bahkan bahasa tubuh orang lain.

Jumlah anak dengan autisme di Indonesia juga sempat disoroti oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, dr Dante Saksono Harbuwono, pada sambutan klip video di acara Special Kids Expo (SPEKIX) 2024.

Ia menyebut, jumlah anak dengan autisme di Indonesia terus meningkat.

“Seperti yang kita ketahui, kejadian autisme diperkirakan terus meningkat dari tahun ke tahun. Diperkirakan saat ini sekitar 2,4 juta anak Indonesia mengalami gangguan spektrum autisme,” ungkap dr Dante. Mengutip dari sumber lain.

Sementara itu, dokter spesialis anak dr Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH memperkirakan angka kelahiran anak di Indonesia mencapai 4,5 juta per tahun.

Dari angka tersebut, 1 di antara 100 anak mengidap autism spectrum disorder (ASD).

Meningkatnya jumlah anak dengan autisme menjadi tantangan yang signifikan bagi Indonesia kedepannya.

Hal ini membutuhkan pendekatan yang kompleks dan terpadu dalam memberikan perhatian dan dukungan kepada anak-anak autisme serta keluarga mereka.

Tantangan utamanya termasuk akses yang terbatas terhadap pelayanan kesehatan dan pendidikan khusus bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus, kurangnya pemahaman masyarakat tentang autisme, serta kurangnya sumber daya dan dukungan bagi keluarga yang memiliki anak dengan autisme.

Satu lagi tantangan yang sedang kita hadapi. Setelah terdiagnosis ASD, tentunya harus dilakukan terapi.

Nah, terapi ini untuk penatalaksanaannya masih terbatas sekali, even di kota kecil atau kota besar.

Demikian informasinya semoga mudah di pahami dan bermanfaat untuk kamu ya.

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *