“bjb
Tekno  

Meta Ciptakan Chatbot AI Mirip ChatGPT?

HALOSMI.COM- Menurut laporan The Wall Street Journal, Meta bakal menciptakan chatbot AI baru. Model bahasa besar (large language model/LLM) yang dipakai chatbot AI Meta ini disebut akan memiliki kemampuan yang menyamai LLM GPT-4 di ChatGPT OpenAI.

GPT-4 kini menjadi model bahasa terpintar dan tercanggih OpenAI yang bisa digunakan oleh pengguna ChatGPT berbayar.

GPT-4 diklaim lebih cerdas dan dapat menjawab sejumlah pertanyaan dan perintah pengguna yang lebih kompleks dibanding pendahulunya, GPT-3.5. GPT-4 disebut bisa menampung sekitar 25.000 kata dalam sekali pemrosesan, sekitar delapan kali lebih banyak dibanding versi sebelumnya.

Di samping itu, GPT-4 juga disebut lebih pintar, akurat, kreatif, dan kini dapat merespons pertanyaan pengguna yang berasal dari sebuah gambar di ChatGPT.

Nah, demi bisa menyaingi kecerdasan GPT-4 di ChatGPT, Meta disebut membangun pusat data (data center). Induk perusahaan Facebook, WhatsApp, dan Instagram itu juga dilaporkan membeli lebih banyak chip pengolah grafis (GPU) H100 bikinan Nvidia, untuk melatih chatbot AI barunya.

GPU Nvidia H100 ini juga digunakan oleh OpenAI untuk training kecerdasan buatan, sebagaimana dilaporkan The Wall Street Journal.

Tidak hanya itu, Meta juga disebut meningkatkan infrastruktur cloud miliknya, sehingga tidak perlu bergantung pada platform cloud Azure Microsoft untuk melatih chatbot baru.

Perusahaan yang dirintis oleh Mark Zuckerberg ini konon membentuk sebuah kelompok awal tahun 2023 ini untuk membangun model AI tersebut. Tujuannya untuk mempercepat pembuatan alat AI yang dapat meniru ekspresi manusia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (11/9/2023).

Meta telah meluncurkan model kecerdasan buatan AI untuk beberapa kasus penggunaan di tahun 2023 ini.

Misalnya, AudioCraft untuk membuat musik/lagu, SeamlessM4T untuk menerjemahkan tulisan/suara, Code Llama untuk membuat deretan kode pemrograman dengan bahasa yang sederhana, NLLB-200 untuk menerjemahkan 200 bahasa berbeda, dan lainnya.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *