Mudah Dilakukan ! Lakukan 4 Tips ini Agar Memiliki Kualitas Tidur yang Bagus, Dijamin Nyenyak

Foto : Doc. Blitar

HALOSMI.COM- Bagi seseorang yang memiliki kebiasaan tidur tak nyenyak atau bahkan sulit tidur, pasti akan mencari tahu bagaimana caranya agar bisa memiliki kualitas tidur yang bagus bahkan nyenyak. Memiliki kualitas tidur yang baik akan berpengaruh kepada aktifitas hari esok yang padat.

Ketika kualitas tidurmu baik, maka kamu akan lebih semangat menjalani hari esok yang mungkin akan melelahkan. Maka dari itu ada beberapa tips yang bisa membantu tidurmu berkualitas.

Pastikan Tempat Tidurmu Nyaman 

Setting tempat tidurmu senyaman mungkin karena kenyamanan adalah kunci kamu bisa tidur nyenyak. Untuk bisa menciptakan tempat tidur yang nyaman, sebelum tidur pastikan kamu bersihkan kembali kasur yang akan kamu tiduri. Begitupun dengan posisi bantal juga gulingmu, aturlah senyaman mungkin.

Jangan sampai kamu tidur dalam keadaan tempat tidur yang kotor bahkan banyak tumpukan baju. HAl itu akan membuatmu tidak nyenyak tidur dan gatal-gatal.

Matikan Lampu Kamar 

Dengan mengatur paparan cahaya akan efektif untuk menjaga siklus sirkadian pada tubuh. Saat tidur dengan lampu menyala, kemungkinan otak tidak akan memproduksi hormon melatonin sebab ia bingung apakah kini waktu malam atau siang.

Maka dari itu sangat di sarankan ketika tidur, matikan lampu kamarmu terlebih dahulu. Hal ini di sebabkan tidur di ruangan yang gelap memberikan sinyal pada tubuh yang menunjukkan bahwa ini adalah waktu tidur. Dengan begitu tidur kamu pun jadi lebih berkualitas. Mata dan tubuh akan selalu merespon cahaya mulai dari pagi hingga sore, dan kondisi gelap saat malam.

Gunakan Metode Militer 

Sesuai dengan namanya, hal ini terpacu pada anggota militer yang memiliki jadwal tidur yang tidak konsisten. Metode ini dikembangkan untuk membantu para tentara mencapai tidur hanya dalam waktu 10 -30 detik dengan kualitas tidur yang baik.

Berikut langkah melakukan metode militer:

  • Rilekskan seluruh wajah, termasuk otot-otot di dalam mulut.
  • Turunkan bahu untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan jatuh ke samping tubuh.
  • Buang napas dan rilekskan dada.
  • Rilekskan kaki, paha, dan betis.
  • Kosongkan pikiran selama 10 detik dengan membayangkan pemandangan yang menenangkan.
  • Jika belum berhasil, coba ucapkan kata “jangan berpikir” berulang-ulang selama 10 detik.

Menggunakan Teknis Pernapasan 4-7-8

Teknik pernapasan 4-7-8 tercipta dari teknik pengendalian napas pranayama yang umum di olahraga yoga. Teknik pernapasan ini bisa membantu seseorang terlelap dalam kurun waktu 60 detik. Namun bagi pemula, kemungkinan akan butuh waktu sedikit lebih lama hingga 120 detik atau 2 menit.

Tujuan dari teknis ini adalah menciptakan tidur yang cepat dan berkualitas. Simak langkah teknik pernapasan 4-7-8 berikut:

  • Rebahkan diri dengan nyaman di atas tempat tidur.
  • Letakkan ujung lidah pada langit-langit rongga mulut, tepat di belakang gigi depan.
  • Kosongkan paru-paru dengan cara buang napas kuat-kuat melalui mulut hingga terdengar suara “wusss”.
  • Tutup mulut, dan tarik napas melalui hidung sambil menghitung (dalam hati) 1-4.
  • Tahan napas dan hitung 1-7.
  • Buka mulut dan embuskan napas kuat-kuat hingga terdengar suara “wusss” sambil menghitung 1-8.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *