Ragam  

Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor, Perhatikan 4 Hal Ini!

HALOSMI.COM – Pulang kampung atau lebih sering dikenal mudik pada saat momen lebaran Idul Fitri untuk bertemu dan berkumpul bersama keluarga tercinta.

Momen mudik tentunya akan membuat lebaran akan lebih penuh suka cita.

Pasti  tidak ingin melewatkan momen ini dengan sia-sia bukan?

Berbagai cara digunakan untuk bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman. Mulai dari mudik menggunakan transportasi umum hingga kendaraan pribadi.

Nah buat kamu yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut sebelum dan saat mudik mengendarai sepeda motor. Yuk, simak 4 tips mudik naik sepeda motor berikut ini!

1. Menjaga kesehatan

Jauh-jauh hari sebelum mudik, pastikan kondisi badanmu baik-baik saja. Periksa ke dokter terdekat untuk mengetahui kondisi badanmu. Minum vitamin agar kamu dalam kondisi fit meskipun dalam keadaan berpuasa. Kalau kamu sakit, mudikmu jadi tertunda dong!

2. Periksa Kondisi Motor

Tak hanya badanmu saja yang perlu diperiksa, motormu juga perlu. Mulai dari rem, ban, oli, mesin, dan lain sebagainya juga perlu di cek. Jangan sampai di tengah jalan kamu jadi panik karena motormu mogok.

3. Membawa dokumen lengkap

Pastikan SIM dan KTP kamu masih dalam masa pakai. Kelengkapan surat motor, seperti STNK dan BPKB juga perlu kamu bawa. Barangkali ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi saat berkendara.

4. Gunakan Kelengkapan Berkendara

Hal terpenting adalah pakai helm! Helm melindungi kamu dari terik matahari yang panas dan hawa dingin menusuk di malam hari dan dapat melindungi kepala kalian dari benturan jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Selain itu, gunakan sarung tangan untuk melindungi tanganmu dari hawa panas dan dingin.

Tak lupa pakai masker juga untuk melindungi wajah kalian dari debu dan kotoran di jalanan. Jika ada, pakai pelindung dada agar meminimalisir masuk angin.

Nah, itu tadi adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat menjalankan mudik lebaran menggunakan motor, Stay Safe ya! (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *