“bjb

Muhammadiyah Kota Sukabumi Akan Laksanakan Salat Idul Adha Besok, Ini Titik Lokasinya!

HALOSMI.COM – Muhammadiyah akan menggelar Salat Idul Adha 1444 H pada Rabu 28 Juni 2023. Di Kota Sukabumi sendiri, Muhammadiyah telah menyiapkan tiga titik lokasi untuk penyelenggaraan Salat Idul Adha.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tiga titik lokasi yang akan digunakan Salat Id itu diantaranya, di kampus Universitas Muhamadiyah Sukabumi (Ummi), SD Aisyiyah di Jalan Pelabuhan II, Kelurahan Cikondang, dan di Selaeurih, Kelurahan Dayeuhluhur.

Sesuai dengan ketetapan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tentang Hari Raya Idul Adha, Muhammadiyah resmi menetapkan 10 Zulhijah 1444 H pada tanggal 28 Juni 2023. Hal ini tertuang dalam Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H.

“Kita besok (Salat Id), seperti maklumat dari PP Muhammadiyah. Arafah itu kan hari ini. Besoknya berati Salat Id. Kalau kita yang pernah berhaji pasti tahu, terkait Arafah itu,” ujar Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Sukabumi, Ade Rahmatullah, kepada HALOSMI.COM, melalui aplikasi perpesanan, Selasa 27 Juni 2023.

Sebelumnya, kata Ade, Muhammadiyah juga akan menyelenggarakan Salat Idul Adha di PCM Gunungpuyuh dan PCM Cikole. Dikarenakan lokasinya dekat dengan kampus Ummi, maka pelaksanaan Salat Idul Adha pun dilakukan di Kampus Ummi.

“Tadinya rencana di PCM Gunungpuyuh sama di PCM Cikole, cuman karena dekat katanya, jadi udah di Kampus Ummi aja,” ungkapnya.

Terkait dengan Salat Idul Adha yang berbeda dengan pemerintah, ia mengimbau kepada masyarakat bahwa perbedaan ini jangan dijadikan sebagai pemicu perpecahan, akan tetapi jadikanlah ini sebagai sebuah penghargaan penghormatan kepada yang berbeda.

“Insya Allah apa yang dirintis oleh Muhammadiyah tidak menyalahi pada aturan Al-Qur’an dan sunnah, juga para ulama-ulama. Insya Allah tidak yah. Tetapi ya ini juga kan bagian dari literasi terhadap hisab dan rukyat saja. Kalau kita tetap pada hisabnya, lebih dari nol saja itu sudah masuk, sama seperti pergantian hari, lebih dari satu detik sudah beda hari,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *