Musim Kemarau, Kulit jadi Kering? Ini dia Tips Melembabkan Kulit!

HALOSMI.COM- Sudah Berbulan-bulan Kita Mengalami Kemarau Panjang, Kekeringan, Sulit air bahkan banyak sekali yang mengalami kulit kering.

Nah Kalian Pasti Merasa Tidak Nyaman kan dengan kondisi ini? Yuk simak cara melembabkan kulit!

Kulit menjadi bagian penting dari tubuh sehingga harus dijaga kesehatannya. Sebagian masalah kulit yang dapat muncul saat musim kemarau seperti kulit keringg, wajah kusam, serta terbakar sinar matahari.

Nah sebelum ke tips nya mari kita simak dlu penyebabnya!

Penyebab Kulit Kering

Kulit kering bisa dialami siapa saja, terlepas dari jenis kulitnya. Kulit kering dapat menyebabkan rasa tidak nyaman seperti gatal, kemerahan, dan retak-retak.

Dilansir dari detikHealth, kulit kering tak hanya disebabkan cuaca panas. Tetapi banyak faktor yang tanpa sadar menyebabkan kulit menjadi kering. Berikut beberapa di antaranya.

1. Kurangnya Kelembapan Alami
Kulit kita memiliki lapisan minyak alami (sebum) dan kelembapan yang menjaga kulit tetap lembap. Faktor usia dan genetika dapat memengaruhi produksi sebum sehingga menyebabkan kulit kering.

2. Cuaca Ekstrem
Cuaca kering dan dingin, serta angin kencang, dapat mengeringkan kulit dengan cepat. Sebaliknya, terlalu banyak paparan sinar matahari dapat menghilangkan kelembapan kulit.

3. Air Mandi Terlalu Panas
Mandi dengan air panas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami kulit dan mengakibatkan kekeringan.

4. Sabun Mengandung Bahan Kimia
Sabun atau produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras seperti deterjen, dapat mengganggu keseimbangan alami kulit. Produk ini juga dapat menghilangkan kelembapan kulit.

5. Penggunaan Produk yang Salah
Menggunakan produk perawatan kulit yang tidak cocok untuk jenis kulit atau berlebihan dalam penggunaannya dapat menyebabkan kulit kering.

Gejala Kulit Kering

Kamu mungkin pernah mengalami gejala kulit kering berikut ini. Dengan mengetahui gejala, akan memudahkan kamu melakukan perawatan.

Rasa gatal
Kulit kering dan kasar
Kemerahan
Retak-retak atau pecah-pecah
Kadang-kadang muncul rasa terbakar atau

perih
Tips Menjaga Kulit Tetap lembap Saat Kemarau
Setelah mengetahui penyebab dan gejala kulit kering, yuk simak tips mencegah kulit kering dan menjaganya tetap lembap saat musim kemarau.

1. Minum Banyak Air
Saat musim kemarau, cuaca panas cenderung menyebabkan tubuh mudah dehidrasi. Pastikan kamu cukup terhidrasi dengan minum setidaknya 8 gelas air putih sehari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam.

Kamu bisa memperbanyak minum air putih, terutama saat sehabis beraktivitas dari luar ruangan yang terkena sinar matahari terik. Selain minum air putih, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti buah-buahan atau sayuran.

2. Pilih Pelembap yang Tepat
Gunakan pelembap berkualitas setiap hari, terutama setelah mandi untuk menjaga kelembapan kulit. Kalian bisa memilih pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti ceramides, asam hialuronat, atau gliserin untuk menjaga kelembapan kulit.

Selain pelembap siang hari, pertimbangkan untuk menggunakan pelembap khusus malam untuk memelihara kulit saat tidur. Ingat, oleskan pelembap secara merata pada kulit, terutama pada area yang cenderung kering seperti lutut, siku, dan tumit.

3. Mandi Air Hangat
Hindari mandi dengan air panas, karena dapat mengeringkan kulit. Mandi air panas bisa menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga menyebabkan kelembapan kulit mudah hilang.

Gunakan air hangat untuk mandi dengan takaran yang pas. Jangan lupa membatasi waktu mandi kamu agar singkat dan tidak terlalu lama.

4. Gunakan Sabun Lembut
Pilih sabun yang ringan dan bebas pewangi untuk menjaga kulit tetap lembut dan menghindari pengeringan. Perlu diingat, kamu bisa menghindari membeli bahan sabun yang mengandung pewangi atau bahan kimia keras.

Untuk menghindari iritasi kulit yang membuat kulit semakin kering, kamu bisa mulai mencuci tubuh dengan lembut serta membilasnya menggunakan air hangat. Ingat, jangan menggosok kulit terlalu keras, apalagi saat kamu mencuci muka.

5. Gunakan tabir surya
Musim kemarau identik dengan sinar matahari. Jangan meremehkan sinar matahari karena dapat merusak kulit. Sangat penting untuk tetap melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Gunakan tabir surya setiap hari, terutama jika beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa membawa sunscreen ketika kamu berakivitas di luar dan usahakan re-apply setiap beberapa jam ya.

Cara Alami Melembapkan Kulit

Sudah tahu tips mencegah kulit kering kan? Sekarang detikJatim mau membagikan cara alami melembapkan kulit saat musim kemarau.

1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa alami adalah pelembap alami yang sangat baik. Oleskan sedikit minyak kelapa ekstra virgin pada kulit setelah mandi. Perawatan ini akan membantu menjaga kelembapan kulit saat musim kemarau.

2. Madu
Madu adalah agen pelembap alami yang kaya antioksidan dan sifat antibakteri. Kamu bisa mencampurkan madu dengan sedikit air dan menggunakannya sebagai masker wajah atau mengoleskannya langsung pada kulit ketika kering.

3. Minyak Almond
Minyak almond mengandung vitamin E yang baik untuk kulit. Oleskan beberapa tetes minyak almond pada kulit setelah mandi untuk menjaga kelembapannya.

4. Aloe Vera
Gel lidah buaya alami mengandung sifat pelembap dan penyembuhan. Kamu bisa mengambil gel segar dari daun lidah buaya dan mengoleskannya langsung pada kulit atau mencari produk perawatan kulit yang mengandung lidah buaya.

5. Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang baik untuk kulit. Kalian bisa merendam kantung teh hijau dalam air hangat dan mengompresnya pada kulit. Ini berfungsi untuk tetap menjaga kelembapan kulit kalian.

6. Pijatan Minyak
Melakukan pijatan kulit dengan minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak jojoba dapat membantu merangsang sirkulasi darah dan melembapkan kulit.

7. Gunakan Pelembap Alami
Beberapa bahan alami seperti mentega shea, minyak jojoba, dan minyak zaitun dapat digunakan sebagai pelembap alami. Kamu bisa mulai memilih produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan ini.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *