No Kaleng Kaleng! Manfaat Petai untuk Kesehatan Bisa Cegah Stroke Hingga Atasi Kebiasaan Merokok

HALOSMI.COM- Petai populer dengan bau dan rasa yang khas. Meski bau, banyak orang menyukai petai. Biasanya, petai dinikmati dengan sambal, ditambahkan pada masakan udang asam manis, atau tumisan lainnya,namun kali ini akan membahas manfaat petai disimak ya!

Petai yang dikenal dengan nama ilmiah Parkia speciosa mengandung banyak nutrisi, lho! Terdapat serat, kalium, kalsium, fosfor, zat besi, zink, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan magnesium pada petai.

Sejumlah penelitian menyoroti penyebab bau unik dan khasiat petai pada tubuh manusia. Berikut rangkuman dari berbagai sumber mengenai manfaat petai bagi kesehatan:

1. Mengatasi Anemia

Petai membantu mengatasi anemia dengan menyediakan zat besi yang diperlukan untuk membuat sel darah merah. Dr. Aminuddin AHK dari Departemen Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Kebangsaan Malaysia menyebutkan bahwa petai dapat menjadi obat untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk anemia.

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan kalium yang tinggi dalam petai membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Berbagai penelitian menunjukkan hubungan antara konsumsi petai dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Mencegah Stroke

Petai secara signifikan dapat menurunkan risiko kematian akibat stroke. Hasil penelitian menunjukkan manfaat besar petai dalam menghindari serangan stroke.

4. Kaya Antioksidan dan Anti Kanker

Petai kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit dan organ tubuh lainnya. Kadar antioksidan yang tinggi dalam petai memberikan manfaat sebagai anti-kanker.

5. Mengatasi Luka Lambung

Petai mampu menetralkan asam lambung dan membantu dalam penyembuhan luka lambung. Selain itu, petai juga bisa melapisi permukaan bagian dalam lambung dan mencegah masalah ini.

6. Melancarkan Pencernaan

Efek antasida pada petai membantu meredakan masalah pencernaan seperti mulas dan sakit perut. Kandungan serat alaminya juga membantu mengatasi sembelit.

7. Meningkatkan Kemampuan Otak

Kandungan kalium dalam petai membantu meningkatkan kemampuan otak dan daya ingat. Mineral ini penting dalam mengatur impuls saraf dan fungsi otot.

8. Mengatasi Gatal dari Gigitan Nyamuk

Kulit petai efektif meredakan gatal akibat gigitan nyamuk. Kandungan enzim dan protein yang ada di dalam petai bisa menghentikan dan mengurangi peradangan kulit akibat gigitan nyamuk.

9. Menenangkan Sistem Saraf dan Mengurangi Kecemasan

Kandungan gizi biji petai, seperti vitamin dan kalium, membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi kecemasan. Kandungan kaya kalium dari petai bisa membantu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengelola keseimbangan air tubuh.

10. Memperbaiki Mood

Petai memiliki kandungan yang terbukti efektif dalam memperbaiki mood dan mengatasi depresi. Petai mengandung triptofan yang membantu dalam pembentukan serotonin, meningkatkan mood.

11. Antibakteri Alami

Petai mengandung senyawa antibakteri yang efektif melawan bakteri tertentu. Petai mengandung senyawa polisulfida siklik, trithiolane, dan hexathionine yang memiliki kemampuan anti-bakteri.

12. Meringankan Masa PMS

Senyawa dan mineral penting yang dibutuhkan oleh wanita PMS, terkandung banyak pada biji petai. Oleh karena itu, petai sangat cocok dikonsumsi pada saat PMS.

13. Mengatasi Kutil

Petai dapat digunakan untuk mengatasi kutil dengan cara ditempelkan pada area yang terkena. Tempelkan petai pada kutil menggunakan plester dan diamkan semalaman.

14. Mengurangi Kecanduan Merokok

Petai mengandung vitamin B6 dan B12, kalium, potassium, dan magnesium akan membantu menghentikan efek nikotin Kandungan petai dapat membantu mengurangi kecanduan merokok.

15. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Petai cocok bagi penderita diabetes karena mampu menstabilkan kadar gula darah. Petai memiliki efek hipoglikemik untuk menurunkan gula darah.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *