Ragam  

Nyamuk Berkeliaran di Sekeliling Rumah pada Musim Pancaroba ? Yuk Hadirkan Tanaman ini Untuk Membasminya

Foto : Doc. Kecamata Hani

HALOSMI.COM- Tak hanya pada saat musim hujan yang mampu menghadirkan nyamuk berkeliaran di sekitar kita. Melainkan musim pancaroba seperti sekarang ini membuat kita merasa risih karena banyaknya nyamuk yang berterbangan bahkan sesekali menggitgit kulit tubuh sehingga mengakibatkan bentol bahkan penyakit serius seperti DBD.

Untuk mencegah terkena penyakit yang disebabkan oleh serangga ini, Anda bisa menghadirkan tanaman yang dibenci nyamuk di rumah. Tanaman-tanaman yang memiliki aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Menggunakan tanaman sebagai pengusir nyamuk juga dapat dipilih sebagai langkah alami yang aman dan bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Berikut diantaranya :

Mint

Foto ; Doc. Ala Dokter

Dikutiip dari laman Nurserylive, tanaman yang tidak disukai nyamuk berikutnya adalah mint. Tanaman ini memiliki aroma mentol yang mampu mengusir dan mengendalikan nyamuk serta berbagai serangga dan hama lainnya.

Ada banyak manfaat menanam daun mint di rumah, selain dapat mengusir nyamuk dan penghias rumah, daun mint juga dapat digunakan sebagai pelengkap minuman.

Lavender 

Foto : Doc. Pixabay

Tanaman yang tidak asing terkenal dengan tanaman yang bisa mengusir nyamuk ini ternyata memang benar terbukti adanya. Tanaman dengan bunga berwarna ungu ini mengandung minyak asiri pada kuncup bunganya yang aromanya tidak disukai nyamuk.

Lavender sendiri merupakan tanaman yang dapat bertahan di berbagai iklim. Namun pastikan tanaman ini mendapatkan sinar matahari dan air yang cukup agar tetap tumbuh dengan subur.

Serai

Foto : Doc. Agrozine

Tanaman serai yang memiliki aroma kuat dan tidak disukai nyamuk. Kandungan sitronela yang terdapat dalam serai dapat mengusir nyamuk dan serangga lainnya.

Disini kamu juga dapat menanamnya di dalam pot atau di taman sekitar rumah. Selain dapat mengusir serangga, serai juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu dapur.

Allium 

Foto : Doc. Pixabay

Allium merupakan tanaman yang termasuk ke dalam jenis umbi-umbian dan tidak disukai nyamuk. Sama halnya seperti bawang putih dan bawang bombai, allium mengeluarkan aroma yang kuat.

Selain sebagai pengusir nyamuk, tanaman ini juga cantik menghiasi sudut ruang. Bunga allium memiliki bentuk unik dengan bola warna putih dan tampak mengambang di atas batang yang panjang dan ramping.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *