“bjb

Pantau Layanan Mantel Semar di SMKN 4, Pj Wali Kota Sukabumi Ajak Pemilih Pemula Gunakan Hak Pilih

HALOSMI.COM – Layanan jemput bola perekaman dan pencetakan KTP-el  kembali dilancarkan Pemerintah Kota Sukabumi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Kali ini layanan Mantel Semar merupakan salah satu layanan perekaman dan pencetakan KTP-el bagi Pemula di sekolah, madrasah, dan permukiman digelar di Aula SMK Negeri 4 Kota Sukabum, pada Rabu 17 Januari 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan, layanan Mantel Semar merupakan bentuk pelayanan publik dari Pemerintah Kota Sukabumi melalui Disdukcapil. Layanan ini mempermudah para pemula dalam mengurus perekaman hingga pencetakan KTP-el.

“Dengan memiliki KTP-el, saat pada tanggal penyelenggaraan pemilihan suara mereka berusia 17 tahun, tentu harus terdata dalam data pemilih. Dan untuk memastikan warga yang telah berusia 17 tahun ini, kita akan gerak cepat. Misalnya, layanan-layanan seperti ini diselenggarakan di setiap ada even,” kata Kusmana dikutip dari laman resmi Pemkot Sukabumi, Rabu 17 Januari 2024.

Menurutnya, manfaat KTP-el bagi para remaja ini, KTP-el nantinya dapat digunakan sebagai syarat utama pembuatan SIM dan aplikasi-aplikasi pemerintah yang telah berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Jadi, manfaatkan oleh akang dan teteh layanan ini. Saya harap, para remaja dapat menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, berkarakter, dan berintegritas,” ungkap Kusmana.

Disamping itu, Kusmana menambahkan, jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, mengingatkan para siswa yang telah genap berusia 17 tahun di hari pemilihan nanti untuk menggunakan hak pilihnya.

“Jangan sampai golput, ya. Tetap semangat dalam belajar, rajin, inovatif, dan teruslah berbuat baik kepada orangtua,” pungkas Kusmana. (***)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *