Pasca Longsor, KA Pangrango Sukabumi-Bogor Hari Ini Kembali Beroperasi

Akibat Longsor, Perjalanan KA Pangrango Sukabumi-Bogor Dibatalkan.

HALOSMI.COM – Kereta Api (KA) Pangrango Sukabumi-Bogor saat ini sudah kembali beroperasi, setelah kemarin tidak beroperasi karena di area jalur rel KM 2+6/7 antara Stasiun Bogor Paledang dan Batu Tulis terdampak bencana longsor.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengatakan setelah sejumlah upaya percepatan perbaikan jalur KA yang terdampak longsor itu dilakukan tim prasarana PT.KAI Daop 1 bersama DITJENDKA Kemenhub, KA Pangrango kembali beroperasi melayani penumpang pada Kamis 16 Maret 2023.

“Salah satu upaya yang difokuskan agar layanan KA Pangrango kembali normal yakni dengan melakukan sejumlah perkuatan konstruksi jalan rel khususnya pada jalur hilir yang tidak terdampak longsor, sehingga setelah dilakukan ujicoba dengan menjalankan lokomotif melewati lokasi beberapa kali dilakukan, maka sejak Kamis dinihari jalur dinyatakan aman untuk operasional KA,” ujar Eva, dalam keterangan tertulisnya.

Ia mengaku, saat ini dari total enam perjalanan KA Pangrango yang normalnya beroperasi setiap hari hanya satu KA yang dibatalkan, yaitu KA 213 relasi Sukabumi-Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB. Sementara lima perjalanan KA Pangrango lainnya kembali dapat beroperasi melayani penumpang.

“Lima perjalanan KA Pangrango yang beroperasi hari ini, keberangkatan dari Stasiun Bogor yaitu, KA 216C jadwal keberangkatan pukul 08.20 WIB, KA 218C jadwal keberangkatan pukul 14.20 WIB, KA 214C jadwal keberangkatan pukul 19.50 WIB. Sementara untuk keberangkatan Stasiun Sukabumi, KA 215B jadwal keberangkatan pukul 11.25 WIB, dan KA 217B jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB,” paparnya.

Adapun untuk calon penumpang pada KA Pangrango yang terdampak pembatalan yakni KA 213 relasi Sukabumi – Bogor dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Sukabumi pukul 05.30 WIB telah diberikan informasi melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket.

“Calon penumpang diarahkan untuk melakukan proses pembatalan tiket di Stasiun Bogor Paledang dan Sukabumi dengan penggantian bea tiket 100 persen. Proses pembatalan juga dapat dilakukan hingga tujuh hari ke depan,” ungkapnya.

Sementara untuk jalur hulu yang terdampak longsor dengan kondisi rel menggantung sepanjang 25 meter, saat ini proses perbaikan yaitu dilakukan dengan sejumlah tahapan pekerjaan, sampai di nyatakan aman untuk operasional KA. Upaya perbaikan jalur rel terdampak longsor dilakukan oleh seluruh tim prasarana Daop 1 Jakarta dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan.

“Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan KA Pangrango dan Proses Pembatalan Tiket juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *