Pelatihan Keterampilan Kerja Budidaya Ikan, Pj Wali Kota Kusmana: Ciptakan Lapangan Usaha Baru

Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji (tengah), mengahadiri kegiatan pelatihan keterampilan kerja budidaya ikan hias dan sosialisasi keamanan pangan yang digelar di Balai Benih Ikan, Sukakarya, pada Selasa, 28 Mei 2024. Foto: Dokpim Kota Sukabumi.
Pj Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji (tengah), mengahadiri kegiatan pelatihan keterampilan kerja budidaya ikan hias dan sosialisasi keamanan pangan yang digelar di Balai Benih Ikan, Sukakarya, pada Selasa, 28 Mei 2024. Foto: Dokpim Kota Sukabumi.

HALOSMI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) mengadakan pelatihan keterampilan kerja budidaya ikan hias dan sosialisasi keamanan pangan

Kegiatan yang dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, itu digelar di Balai Benih Ikan (BBI) Sukakarya, pada Selasa, 28 Mei 2024.

Kusmana mengatakan, kegiatan pelatihan ini ditujukan kepada pelaku usaha perikanan, terutama bagi pelaku usaha perikanan pemula sebagai sarana dalam meningkatkan keterampilan kerja dan pengetahuan di bidang budidaya perikanan.

Hal itu dilakukan agar para pelaku usaha perikanan pemula itu dapat bertahan dan berdaya saing di dunia usaha perikanan, bahkan dapat menciptakan lapangan usaha baru bagi masyarakat disekitarnya.

“Pada pelatihan ini, peserta selain mendapatkan ilmu tentang usaha budidaya perikanan juga akan dibekali dengan bantuan stimulan sarana produksi perikanan berupa benih ikan dan pakannya dalam rangka meningkatkan motivasi dan semangat untuk berusaha,” ujar Kusmana.

Dalam rangka menjamin keberlanjutan usaha budidaya ikan dari para peserta pelatihan ini, kata Kusmana, pihaknya juga akan melakukan pendampingan teknis dan monitoring berkala yang dilakukan oleh bidang perikanan DKP3 Kota Sukabumi.

“Disini peserta mendapatkan ilmu tentang usaha budidaya perikanan, dan juga akan dibekali dengan bantuan stimulan sarana produksi perikanan berupa benih ikan dan pakannya,” pungkasnya.

Melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan keterampilan kerja budidaya ikan konsumsi ini diharapkan dapat melahirkan pelaku usaha perikanan yang tangguh, berdaya saing tinggi, sejahtera dan bahkan bisa menjadi agent of change (agen perubahan) di lingkungannya, sehingga mampu menjadi penggerak utama transformasi sektor perikanan Kota Sukabumi. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *