“bjb

Pengendara Wajib Tahu Durasi Cas Aki Motor

HALOSMI.COM- Sebelum mengetahui durasi cas aki motor, penting untuk mengetahui hal yang menyebabkan aki rusak. Rusaknya aki umumnya terjadi akibat kehabisan daya. Namun, selain itu, masih ada berbagai hal lain yang bisa merusak aki, di antaranya:

1. Regulator yang Rusak

Regulator atau kiprok yang mengalami kerusakan dapat menyebabkan aki motor kurang mendapat aliran listrik yang diperlukan. Kiprok berperan sebagai pengatur tegangan listrik sesuai dengan kebutuhan mesin motor, sehingga jika rusak, harus segera diganti.

Komponen lain seperti spul, soket, dan sebagainya juga perlu diperiksa menggunakan voltmeter. Kiprok berfungsi sebagai regulator yang mengatur pasokan listrik sesuai kebutuhan aki yang diterima dari spul.

2. Aki Kelebihan Beban

Selain itu, aki motor dapat terlalu terbebani, terutama jika ada penambahan aksesoris yang membutuhkan daya listrik berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan aki kurang mampu mengisi daya dengan baik.

3. Aki Soak atau Kotor

Masalah lain yang dapat memengaruhi kinerja aki adalah aki yang sudah soak (habis masa pakai) atau aki yang kotor akibat karat dan plak.

Aki yang soak harus segera diganti, sedangkan aki yang kotor memerlukan perawatan untuk menjaga daya tampungnya. Kepemilikan aki yang baik dan sistem listrik yang sehat sangat penting untuk menjaga kinerja motor yang optimal.

Ada beberapa ciri-ciri menandakan aki motor mulai soak atau kehilangan daya, di antaranya:

• Starter motor tidak berfungsi atau mati.

• Klakson motor mengeluarkan suara yang lemah.

• Cahaya lampu motor terlihat redup.

• Sepeda motor yang tidak mampu untuk dihidupkan.

• Tarikan motor lemah.

• Tegangan aki motor di bawah 12 volt.

Jika Anda mendapati ciri-ciri di atas pada motor Anda, maka segera lakukan cas pada aki. Pertanyaannya, cas aki motor berapa lama? Jawaban tentang berapa lama mengisi ulang aki motor 12 volt akan bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk kapasitas aki dan jenis pengisian yang digunakan.

Dalam kasus pengisian cepat, waktu yang diperlukan untuk mengisi aki motor 12 volt bisa berkisar antara sekitar 30 menit hingga satu jam. Di sisi lain, jika Anda menggunakan pengisian normal, proses pengisian biasanya memakan waktu lebih lama, berkisar antara 5-10 jam.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki aki maintenance free dengan kapasitas 7 ampere pada tegangan 12 volt, maka saat mengisi dengan mode normal, Anda perlu mengisi sekitar 0.7 ampere dengan waktu pengisian antara 5-10 jam.

Namun, jika Anda menggunakan mode pengisian cepat, hanya diperlukan aliran listrik sekitar 3.5 ampere dengan waktu pengisian kurang lebih satu jam. Besaran ampere yang diperlukan untuk mode cepat atau normal tertera di kemasan aki.

Hal ini menunjukkan bahwa tidak semua aki dapat diisi dengan ampere yang sama, karena kapasitas aki berbeda-beda dan tergantung pada mode pengisian yang digunakan.

Walaupun membutuhkan kesabaran dan memakan waktu yang cukup lama, direkomendasikan untuk menggunakan metode cas aki secara normal agar daya yang terisi pada aki akan terisi secara maksimal.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *