“bjb
News  

Perbedaan Pertamax dan Pertalite, Simak Disini!

HALOSMI.COM- Pertamax dan Pertalite adalah jenis bahan bakar bensin yang diproduksi oleh PT Pertamina (Persero). Pertalite merupakan bahan bakar dengan kandungan oktan sebesar 90. Ini lebih rendah dari Pertamax yang memiliki kandungan oktan m 92 dan Pertamax Turbo dengan kandungan oktan 98.

Pertamax diperuntukkan untuk kendaraan yang memerlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi, seperti kendaraan bermesin besar dan kendaraan bermesin turbo.

Bahan bakar dengan jenis oktan tinggi disebut-sebut dapat membuat komponen kendaraan berumur panjang. Performa mesin akan lebih terjaga dan jarak tempuh pun jadi lebih jauh karena pembakaran mesin motor yang lebih sempurna.

Selain itu, BBM beroktan tinggi juga membuat performa mesin lebih enteng karena mengurangi kerak-kerak sisa pembakaran.

Berikut adalah 8 perbedaanya, dirangkum dari berbagai sumber:

Kandungan Oktan

Bila diukur berdasarkan kandungan oktannya, Pertamax memiliki kandungan oktan lebih tinggi daripada Pertalite. Kandungan oktan Pertamax mencapai 92-95, sedangkan kandungan oktan Pertalite mencapai 90.

Harga

Bila menilik harganya, Pertalite lebih murah daripada Pertamax, karena kandungan oktannya yang lebih rendah. Harga Pertamax lebih mahal karena kandungan oktannya yang lebih tinggi.

Harga BBM Pertamax di pulau Jawa Rp 14.000 atau naik dibandingkan periode September sebesar Rp 13.300 per liter.

Sementara itu, Pertamax Turbo juga naik menjadi Rp 16.600 per liter dari sebelumnya Rp 15.900 per liter.

Berbeda, harga Pertalite yang disubsidi pemerintah masih berada di harga Rp10.000 per liter.

Ketersediaan

Perbedaan lain antara Pertalite dan Pertamax adalah ketersediaannya. Pertalite lebih mudah ditemukan daripada Pertamax, karena Pertalite diciptakan khusus untuk menggantikan Premium. Sementara Pertamax hanya tersedia di stasiun pengisian bahan bakar tertentu.

Performa Mesin

Berkat oktan yang lebih tinggi, Pertamax dapat meningkatkan kinerja mesin lebih baik daripada Pertalite.

Efisiensi Bahan Bakar

Pertalite lebih efisien daripada Pertamax, sehingga mesin menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Akan tetapi tentu pengguna juga harus mengetahui karakter mesin yang dipakai kendaraan bermotor miliknya. Apabila memang membutuhkan kompresi bahan bakar tinggi, maka menggunakan BBM dengan oktan tinggi ada kemungkinan membuat penggunaan BBM lebih irit.

Penggunaan

Pertamax biasanya dipakai oleh kendaraan yang memerlukan performa mesin lebih tinggi, seperti mobil sport atau kendaraan berukuran besar. Sementara Pertalite lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Emisi Gas Buang

Kadar oktan yang lebih rendah pada Pertalite menghasilkan emisi gas buang yang lebih sedikit dibandingkan Pertamax.

Pemanfaatan Bahan Bakar

Karena kadar oktan yang lebih tinggi, Pertamax dapat menghasilkan daya lebih besar dan digunakan untuk keperluan industri atau pembangkit listrik. Pertalite biasanya digunakan pada kendaraan bermotor.

Alasan Harga Pertalite yang Lebih Terjangkau

Pertalite lebih murah karena kadar oktannya lebih rendah. Produksi bahan bakar dengan kadar oktan tinggi lebih rumit dan mahal, sedangkan bahan bakar dengan kadar oktan rendah lebih sederhana dan ekonomis.

Jadi, meskipun Pertalite lebih ekonomis, bahan bakar ini tetap berkualitas baik dan cocok untuk kendaraan sehari-hari dengan mesin standar.

Perbedaan Warna

Pertamax dan Pertalite dapat dibedakan berdasarkan warna:

– Pertamax berwarna hijau tua, mirip dengan daun tua.

– Pertalite berwarna kuning pucat, seperti kulit jeruk.

Perbedaan warna ini membantu pengguna memilih bahan bakar yang sesuai dengan kendaraan mereka dan menghindari kesalahan pengisian.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *