“bjb

Pergerakan Tanah, 1 Rumah Ambruk di Cireunghas Sukabumi

Kondisi Kp.Tegalkaso Rt.03/05 Bencoy

HALOSMI – Diduga akibat pergerakan tanah, sebuah rumah di Kampung Tegalkaso Rt 03 Rw 05 Desa Bencoy, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabuni ambruk rata dengan tanah pada Jumat, 1 Desember 2023, sekira pukul 15.00 WIB.

Pkt Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Medi Abdul Hakim menuturkan dampak dari pergerakan tanah tersebut 5 rumah mengalami kerusakan.

“Terdapat 5 rumah yang dihuni 5 Kepala Keluarga (KK) mengalami kerusakan, 2 rusak berat bahkan tadi jam 3 sore 1 rumah ambruk, sementara 3 rusak ringan,” kata Medi.

Dari 5 KK tersebut, lanjut Medi, terdapat 21 jiwa yang menghuni 5 rumah tersebut. 2 rumah yang mengalami rusak berat 9 jiwa terpaksa mengungai ke rumah saudara terdekat.

Medi mengatakan, 3 rumah yang tepat berada di samping rumah yang rusak berat dan ambruk hanya mengalami rusak ringan. Kerusakan terdapat beberapa retakan di dalam rumahnya, BPBD Kabupaten Sukabumi meminta agar warga yang tedampak untuk mengungsi karena pergerakan tanah tersebut bisa terpicu akibat hujan.

“Kita rekomendasikan untuk mengungsi yang mengalami rusak ringan,” ungkap Medi.

BPBD Kabupaten Sukabumi, berencana akan mengkaji kondisi wilayah bersama Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cireunghas, Muhammad Fadil menyebutkan bahwa pergerakan tanah terjadi pertama kali pada hari Minggu, 26 November 2023 lalu.

“Berawal hujan deras di hari Minggu lalu, pertama kali retakan pada kolam milik bapak Atu pada pukul 23.30 WIB, dan terus meluas dengan radius kurang lebih 80 meter,” ungkap Fadil.

Fadil menururkan, terdapat 43 rumah yang saat ini telah melaporkan terjadi retakan-retakan kecil terjadi di rumahnya. Warga dihimbau untuk waspada pergerakan tanah dapat terjadi dengan cepat setiap waktunya.

Hujan terus menerus yang terjadi hampir setiap hari membuat pergeseran tanah semakin cepat dan membuat retakan kembali. Puncaknya, lanjut Fadil, pada Jumat  1 Desember 2023, 2 rumah langsung mengalami rusak berat, bahkan 1 rumah ambruk rata dengan tanah.

“Tadi sekira pukul 3 sore, 1 rumah ambruk rata dengan tanah,” tutup Fadil.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *