“bjb
Ragam  

Perlu Tahu, Ini Perbedaan antara Content Writer dengan Content Creator

HALOSMI.COM – Di era perkembangan digital sekarang ini, terdapat dua jenis pekerjaan yang seringkali dianggap sama oleh sebagian besar orang. Bahkan tidak sedikit orang yang sering tertukar antara content writer dengan content creator.

Padalah kedua pekerjaan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Agar tidak tertukar lagi, tentunya Anda perlu mengetahui apa saja perbedaan antara content wiriter dengan content creator.

Kalau begitu, apa saja perbedaannya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa perbedaan antara content writer dengan content creator.

1. Platfrom yang Digunakan

Perbedaan pertama antara content writer dengan content creator adalah dari segi platform yang digunakan. Perlu Anda tahu bahwa pekerjaan content writer umumnya berfokus kepada situs blog, yang nantinya diaplikasikan melalui karya tulis yang dibuat oleh author. Sementara itu, content creator berfokus kepada pembuatan konten untuk media sosial, yang nantinya akan disebarluaskan.

2. Tujuan Pekerjaan

Perbedaan yang selanjutnya adalah dari segi tujuan pekerjaannya. Tujuan dari content writer adalah untuk meningkatkan trafik secara organik yang di hasilkan dari penulisan artikel yang sesuai dengan kaidah SEO dan memberikan informasi tertentu. Sementara tujuan dari content creator adalah untuk menciptakan brand awareness serta menarik trafik dari tren yang sedanga hangat di media sosial.

3. Keahlian Khusus

Baik content writer ataupun content creator, tentunya perlu memiliki keahlian khusus. Seorang content writer harus memiliki skill dalam menulis konten serta mengeditnya hingga tulisan tersebut dapat nyaman dibaca oleh khalayak luas. Selain itu, seorang content writer juga harus mampu meriset topik serta memahami prinsip dasar SEO.

Seorang content creator, harus memiliki beberapa skill khusus. Seperti kemampuan untuk memahami dasar-dasar desain, memproduksi foto dan video yang menarik agar target pasar tetap tertarik dengan konten yang diproduksi.

4. Lingkup Pekerjaan

Perbedaan yang terakhir adalah dari segi lingkup pekerjaan. pada umumnya, content writer akan berhubungan dengan media online. Maka dari itu, pekerjaan content writer akan dibatasi pada tren yang sedang ramai di media sosial dan mencari topik yang akan ditulis.

Sementara content creator, memiliki jobdesk atau tanggung jawab yang lebih sedikit. Karena, pekerjaan content creator hanya cukup memperhatikan konten yang akan ia buat.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa perbedaan antara content writer dengan content creator. Semoga bermanfaat. (***)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *