Ibadah  

Perlu Tahu! Jadwal ,Niat dan Keutamaan Puasa Nisfu Syaban 2024

HALOSMI.COM- Nisfu Syaban adalah hari istimewa, pada hari itu umat muslim di anjurkan untuk melakukan puasa nisfu syaban.

Banyak yang belum tahu kapan harus puasa Nisfu Syaban di tahun 2024, sunnah hukumnya berpuasa di pertengahan bulan Syaban, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Jika tiba waktu malam nisfu Sya’ban, maka beribadahlah dimalamnya dan puasalah disiangnya, karena sesungguhnya Allah Ta’ala menurunkan rahmat-Nya mulai tenggelamnya matahari (Maghrib) di langit dunia dan berfirman, ‘Siapa yang meminta ampun akan Aku ampuni. Siapa yang minta rezeki akan Aku beri rezeki. Siapa yang terkena musibah akan Aku sembuhkan. Siapa yang minta ini dan itu seterusnya, sampai waktu terbitnya fajar (matahari).” (HR. Ibnu Majah).

Jadi Kapan Puasa Nisfu Syaban?

Mengutip dari situs Kementerian Agama, malam Nisfu Syaban ini merupakan malam dibukanya 300 pintu rahmat dan pintu ampunan oleh Allah SWT.

Menukil dari situs Nahdlatul Ulama, secara harfiah, Nisfu Syaban berarti hari pertengahan bulan Syaban, yakni tanggal 15 Syaban 1445 Hijriah. Artinya malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 14 Syaban malam.

Dari kalender Masehi, Nisfu Syaban jatuh pada Minggu, 25 Februari 2024. Sementara malam Nisfu Syaban bertepatan dengan Sabtu, 24 Februari 2024, malam.

Sehingga puasa Nisfu Syaban dapat dilaksanakan pada 25 Februari 2024.

Berikut Niat Puasa Nisfu Syaban

Umat muslim dianjurkan untuk melafalkan niat puasa Nisfu Syaban pada malam harinya. Adapun niatnya sama halnya dengan niat puasa sunnah lainnya di bulan Syaban.

Berikut niat puasa Nisfu Syaban untuk malam dan siang hari:

Niat Puasa Nisfu Syaban Malam Hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Arab Latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Sya’bana lillâhi ta’âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Sya’ban esok hari karena Allah SWT.”

Niat Puasa Nisfu Syaban Siang Hari

Bagi umat muslim yang tidak sempat melafalkan niat di malam harinya tidak perlu khawatir.

Pasalnya, seorang muslim dapat melafalkan niat puasa Nisfu Syaban pada siang hari selama belum makan, minum, ataupun melakukan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh.

Berikut ini lafaz niat puasa Nisfu Syaban yang dapat dibaca di siang hari.

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Arab Latin: Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Sya’bana lillâhi ta’âlâ.

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Sya’ban hari ini karena Allah SWT.”

Ketahui yuk Keutamaan Puasa Nisfu Syaban

Sama halnya dengan puasa Syaban, keutamaan puasa Nisfu Syaban di antaranya adalah mendapatkan syafaat Rasulullah SAW pada hari kiamat kelak. Syekh Nawawi Al-Bantani berkata:

وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah SAW terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat beliau di hari kiamat.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *