Pihak Developer Perum Karang Kencana Tanggapi Keluhan Warga Soal Lahan Pemakaman

HALOSMI.COM – Pihak developer perumahan Karang Kencana akhirnya menanggapi keluhan dari warga terkait lahan pemakaman, pada saat memenuhi undangan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Sukabumi untuk bermusyawarah dengan warga, pada Rabu 5 April 2023.

Engineering Manager Hirotoland perumahan Karang Kencana, Armafiansyah, mengatakan pertemuan antara pihaknya dengan warga ini di fasilitasi oleh Dinas PUTR untuk bermusyawarah terkait lahan pemakaman.

“Masalah yang ada sekarang itu adalah miss persepsi antara kami dengan warga. Kami punya persepsi mengenai lahan pemakaman sesuai dengan apa yang kami adopsi di wilayah lain, sementara warga menuntut ketersediaan lahan pemakaman sesuai kebutuhan mereka,” ujarnya, kapada HALOSMI.COM.

Dalam pertemuan ini, kata dia, ada beberapa opsi yang sudah disepakati, salah satunya lahan pemakaman seluas 3000 meter persegi yang sudah disiapkan itu, pihaknya akan berupaya agar aksesnya bisa connect kelahan, sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga. Kemudian opsi lainnya yaitu, ada beberapa lahan perumahan Karang Kencana yang diluar site plan itu akan dijadikan sebagai pengganti lahan pemakaman.

“Tadi sudah kesepakatan, karena sudah terjalin komunikasi dengan warga, kami dari perwakilan pengembangan nanti akan komunikasi dengan warga mengenai teknis penyerahan lahan pemakaman,” ungkapnya.

Disinggung mengenai lokasi pemakaman yang seluas 3000 meter persegi itu, lanjut dia, lokasinya itu ada di seberang perumahan. Namun demikian, berdasarkan peraturan ada beberapa opsi, yaitu bahwa lahan pemakaman iyu bisa di dalam perumahan dan juga bisa diluar perumahan, selama aksesnya bisa bisa dimanfaatkan warga.

“Jadi kami pastikan dulu bahwa lahan yang diluar perumahan itu bisa diserahkan sebagai lahan pemakaman, selama aksesnya bisa bisa dimanfaatkan. Namun saat ini ada langkah yang harus kita tempuh dulu, yaitu menyangkut izin warga sekitar,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *