News  

PT KAI Targetkan 3 Hari Selesai, Perbaikan Rel Kereta Api Lintas Batutulis-Paledang

T KAI mengejar perbaikan tebing penahan tanah (TPT) rel lintasan Stasiun Batutulis-Paledang Bogor jalur Bogor-Sukabumi yang longsor tergerus hujan deras. Foto: dok Antara

HALOSMI.COM – PT KAI mengejar perbaikan tebing penahan tanah (TPT) rel lintasan Stasiun Batutulis-Paledang Bogor jalur Bogor-Sukabumi yang longsor tergerus hujan deras menimpa lima rumah warga di bawahnya di RT07/RW04 Kampung Sirna Sari, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan.

Longsor yang terjadi di bantaran sungai pada pada Selasa 14 Maret 2023 pukul 21.00 WIB tersebut mulai berdampak ke TPT jalur rel lintas Bogor Paledang – Batu Tulis pada dini hari pagi tadi. Pukul 00.03 WIB.

Petugas lapangan mendata terdapat jalur rel yang terdampak sepanjang 25 meter dengan kedalaman 8 meter dan lebar 5,7 meter. PT KAI mengejar perbaikan TPT rel lintasan Stasiun Batutulis-Paledang Bogor jalur Bogor-Sukabumi dengan target waktu tiga hari ke depan agar bisa dilalui kereta api kembali.

“Kami tidak bisa memastikan kapan selesai. Tapi pak Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim tadi menyampaikan maksimal 3 x 24 jam ingin bisa dilalui, kami kejar,” kata Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa di lokasi longsor, Rabu 15 Maret 2023.

Lanjut Eva, besok kami akan umumkan untuk situasi perjalanan di RT07/RW04 Kampung Sirna Sari Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Longsor TPT sepanjang 25 meter menyebabkan rel menggantung sehingga rawan untuk dilewati kereta api. 

“Perbaikan TPT ataupun penyangga rel membutuhkan waktu agar kokoh untuk menyangga kereta yang melintas,” terang Eva.

Atas kejadian tersebut, PT KAI membatalkan perjalanan KA Pangrango lintas Bogor-Sukabumi. Tiket yang telah dibeli penumpang pun dikembalikan 100 persen.

“Kami mengupayakan secepatnya untuk perbaikan agar bisa segera dilalui kembali. Kami mohon waktu dan mohon maaf kepada calon para penumpang yang batal melakukan perjalanan,” ucap Eva. 

Diketahui, akibat longsor sekitar rel tersebut menimpa lima rumah warga dan menyebabkan 17 korban dengan 11 orang korban selamat, dua orang korban tewas dan empat orang belum ditemukan. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *