Punya Masalah Jantung? Yuk Konsumsi Buah Ini untuk Membantu Kesehatannya

HALOSMI.COM- Menjaga Kesehatan Tubuh sangatlah Penting Terutama Organ-organ tubuh yang memang sangat sensitif seperti hal nya Jantung, ketika kalian punya masalah jantung akan sulit untuk penyembuhannya.

Penyakit jantung menyumbang hampir sepertiga dari semua kematian di seluruh dunia. Penyakit kardiovaskular ini berhubungan dengan pola makan atau diet yang sehat.

Makan makanan dengan jumlah kalori yang tepat dan jumlah lemak adalah bagian penting dari merawat jantung.

Buah memiliki segudang manfaat yaitu kaya vitamin dan nutrisi, terutama serat.

Mengonsumsi buah secara rutin membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah serta meningkatkan fungsi pembuluh darah yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah buah yang baik untuk kesehatan jantung dan bisa Anda konsumsi secara rutin.

1. Apel

Melansir Better Homes and Gardens, apel termasuk buah yang bisa menyehatkan jantung. Selain sehat untuk jantung, apel juga kaya akan serat dan flavonoid yang baik untuk pola makan harian Anda.

Pilihlah buah apel yang masih segar, tidak bonyok atau terdapat memar.

2. Pisang

Sejumlah penelitian mengungkapkan, makan pisang setiap hari dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Pisang kaya akan vitamin B6, C, serat, magnesium, dan potassium yang bisa menghentikan penyumbatan, pengerasan, dan penyempitan pembuluh darah. Cara terbaik mengonsumsi pisang secara makan langsung tanpa diolah.

3. Aprikot

Aprikot mengandung vitamin A, C, E, K, dan memiliki banyak kandungan serat. Warna oranye pada aprikot berasal dari antioksidan karotenoid.

Semua kandungan itu berkontribusi meningkatkan fungsi jantung. Vitamin C misalnya, melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara kalium menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah dan arteri.

Anda bisa mengonsumsi buah aprikot sebagai topping pada sereal. Pilih buah aprikot yang segar dan berwarna oranye tua.

4. Pepaya

Melansir Eating Well, pepaya mengandung banyak nutrisi yang ramah jantung seperti potasium dan antioksidan vitamin A dan C. Menurut USDA, 1 cangkir potongan pepaya menyediakan hampir 100 persen kebutuhan harian vitamin C dan 8 persen kebutuhan harian vitamin A.

Kekurangan vitamin A dan C telah dikaitkan dengan kelainan kardiovaskular di mana suplementasi dengan vitamin ini diklaim dapat mengurangi risiko kardiovaskular, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, aterosklerosis, serangan jantung, dan gagal jantung, berdasarkan ulasan yang diterbitkan di Frontiers in Physiology pada 2021 lalu.

5. Anggur merah

Kandungan polifenol yang tinggi pada anggur merah menjadikannya buah luar biasa lainnya untuk melindungi kesehatan jantung.

Studi pada jurnal Molecules pada 2021 menunjukkan polifenol yang ditemukan dalam anggur telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan manusia dalam mengobati penyakit kardiovaskular dan diabetes dengan mengurangi stres oksidatif, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan.

Selain itu, anggur merah tinggi akan kandungan antioksidan, polifenol, flavanol, serat dan resveratrol, yang dapat membantu menurunkan peradangan.

6. Buah beri

Berbagai jenis beri seperti blueberry, blackberry, raspberry, strawberry mengandung vitamin C, folat, serat, mangan, dan kalium.

Selain itu, semua jenis buah beri kaya antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel dan baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Beri yang bagus dikonsumsi adalah beri yang masih segar dan berwarna terang.

7. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung, yang telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan penurunan risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi setidaknya dua porsi alpukat setiap minggu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 16 persen dan penurunan risiko penyakit jantung koroner sebesar 21 persen.

Selain itu, pada studi dalam Journal of the American Heart Association (JAHA), alpukat dalam membantu meningkatkan kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan memelihara fungsi pembuluh darah.

Itulah 7 buah yang baik untuk kesehatan jantung yang bisa kamu coba dirumah untuk menjaga hal-hal buruk didalam jantung, selamat mencoba!

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *