Rambut Rontok Hingga Botak ? Kenali 4 Penyebabnya

Foto : Doc. Yesdok

HALOSMI.COM- Dikutip dari laman alodokter.com, dokter spesialis bedah plastik di RSKB Bina Estetika, mengatakan bahwa kebotakan terjadi pada 80 persen pria dan 50 persen wanita. Pada pria kebotakan rambut umumnya terjadi di atas usia 50 tahun. Namun saat ini, kebotakan pria di usia 20 sampai 30 tahun pun sudah banyak ditemui.

Biasanya rambut botak terjadi karena kondisi saat rambut mengalami kerontokan yang sangat parah. Rata-rata rambut akan rontok sebanyak 25-100 helai dalam satu hari. Bisa dikatakan mengalami rambut botak jika rambut rontok lebih dari 100 helai dalam satu hari.

Mengalami rambut botak tentu saja dapat memengaruhi penampilan dan rasa percaya diri.Maka dari itu kamu harus bisa merawat rambut agar tidak mudah rontok. Sebelum itu, kamu harus mengenali 4 penyebab rambut rontok yang menyebabkan botak terlebih dahulu.

Stres

Ketika kamu sedang mengalami stress, itu akan berpengaruh kepada rambut yang akan mengalami kerontokan sementara hingga permanen. Kondisi ini disebut dengan telogen effluvium, yang akan berlangsung sementara saja.

Kekurangan Nutrisi 

Penyebab botak adalah kerontokan. Nah, biasanya seseorang yang mengalami kerontokan itu karena kekurangan kandungan seperti zinc, niacin, asam lemak, selenium, vitamin D, vitamin A, vitamin E, asam folat dan asam amino. Jika kekurangan nutrisi tersebut, pertumbuhan rambut akan terganggu sehingga menyebabkan kebotakan.

Faktor Keturunan 

Poin ini merupakan penyebab rambut botak di usia muda yang sulit di atasi. Kondisi ini menyebabkan androgenic alopecia, yang ditandai dengan penipisan rambut di usia muda. Selain mengalami rambut dengan tekstur yang tipis, rambut akan mudah rontok dan lebih halus dari pada sebelumnya.

Penggunaan Bahan Kimia 

Penyebab yang sering terjadi pada kerontokan rambut yang membuat botak adalah penggunaan bahan kimia. Bahkan remajapun kini banyak yang menggunakan pewarna rambut yang terbuat dari bahan kimia.  Produk rambut yang memiliki kandungan bahan kimia, seperti cat rambut, pelurus atau pengeriting rambut. Penggunaan sampo yang mengandung deterjen dan SLS, juga bisa jadi penyebab rambut botak.(*)

 

 

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *