Refleksi Hari Buruh: GMNI Merawat Semangat Perjuangan

HALOSMI.COM – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sukabumi Raya melakukan refleksi dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day di Bundaran Tugu Adipura, Jumat 5 Mei 2023.

Ketua GMNI Sukabumi Raya, Anggi Fauzi, mengatakan refleksi yang dilakukan itu sebagai bentuk merawat semangat perjuangan, dan merawat nalar teman-teman mahasiswa bahwa pada beberapa tahun yang lalu tepat pada tanggal 1 Mei, terjadi momentum bersejarah, yang mana perjuangan buruh sangat luar biasa untuk memperjuangkan hak-haknya.

“Jadi kita melakukan refleksi sebagai bentuk merawat semangat perjuangan, bahwa pada satu Mei, pada beberapa tahun yang lalu terjadi momentum bersejarah yang sampai hari ini selalu diperingati sebagai Hari Buruh Internasional,” ujar Anggi, kepada awak media.

Ia menjelaskan, refleksi ini juga sebagai bentuk merawat semangat perjuangan agar bersama-sama mengenang semangat para buruh, terutama satu tokoh buruh perempuan yang sangat luar biasa, yaitu Marsinah, yang demi memperjuangkan haknya ia sampai wafat.

“Intinya hari ini kita merawat semangat perjuangan untuk bagaimana agar sama-sama kita mengenang semangat para buruh, salah satunya tokoh buruh perempuan yang sangat luar biasa, yaitu Marsinah. Ada juga beberapa aktivis lainnya yang memperjuangkan hak mereka sendiri,” ucapnya.

Berkaitan dengan Undang-undang Cipta Kerja yang saat ini sudah di sah kan pemerintah pusat, kata dia, pihaknya mendorong kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi memberikan ruang untuk perempuan cuti haid, cuti melahirkan, termasuk ruang menyusui, dan lain sebagainya.

“Jadi kalau kita di daerah, kita hanya perlu mendorong bersama-sama, tentunya juga untuk pemerataan hal itu, agar kawan-kawan buruh ini, terutama perempuan, secara kesehatan dan secara psikologinya terjaga,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *