“bjb

4 Hal yang Dianggap Spele ini Ternyata Bisa Membuat Seseorang Mengalami Demnesia

Foto : Doc. SehatQ

HALOSMI.COM- Demensia adalah suatu kondisi menurunnya cara berpikir dan daya ingat seseorang yang biasanya terjadi pada lansia (usia 65 tahun ke atas). Namun kondisi ini juga tak menutup kemungkinan bisa terjadi kepada kalangan anak muda atau dewasa jika melakukan hal spele yang bisa membuat seseorang demensia.

Mungkin demensia bukan penyakit khusus, tetapi beberapa penyakit dapat menyebabkan demensia. Meskipun demensia umumnya melibatkan kehilangan ingatan, kehilangan ingatan memiliki penyebab yang berbeda.

Ada beberapa gejala demensia bisa disembuhkan. Berikut kebiasaan tidak sehat yang bisa menyebabkan demensia yang dikutip dari Times Now News:

Sendirian untuk Waktu yang Lama

Kebiasaan rebahan lama dirumah dan jarang bersosialisasi dengan orang lain ini akan membuat kamu merasa kesepian. Menurut para ahli kesehatan, orang yang bahkan memiliki beberapa teman dekat lebih bahagia dan lebih produktif dan cenderung menderita demensia dan Alzheimer.

Sebab kesepian dapat memperburuk penurunan otak. Studi John Hopkins mengatakan isolasi sosial adalah faktor risiko substansial untuk demensia, terutama pada lansia dan telah mengidentifikasi teknologi sebagai cara yang efektif untuk campur tangan.

Kebiasaan Ngupil 

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, mengatakan bahwa chlamydia pneumoniae menggunakan saraf yang memanjang antara rongga hidung dan otak sebagai jalur invasi untuk menyerang sistem saraf pusat.

Sel-sel di otak kemudian merespons dengan menyimpan protein beta amiloid yang merupakan ciri khas penyakit Alzheimer. Menurut para ilmuwan, ngupil terus-menerus bisa merusak lapisan hidung sehingga dapat meningkatkan bakteri yang dapat naik ke otak.

Kurang Tidur

Seseorang yang tidur kurang dari lima jam per malam dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan demensia, dan dua kali lebih mungkin meninggal, dibandingkan dengan mereka yang tidur enam hingga delapan jam per malam.

Menurut dokter, salah satu alasannya berkaitan dengan pengendapan protein Alzheimer, beta-amyloid yang mengelompokkan dan menggumpal bersama untuk membentuk plak Alzheimer.

Mendengarkan Musik dengan Headphone

Perlu diketahui bahwa mendengarkan musik dengan volume penuh menggunakan earphone atau headphone selama lebih dari 30 menit sehari, kemungkinan besar kamu menderita demensia atau penurunan fungsi otak lainnya.

Hal ini bisa terjadi sebab otak harus bekerja keras untuk memahami apa yang dikatakan di sekitar kamu yang tidak dapat disimpan dalam ingatan. Disarankan oleh ahli kesehatan untuk mengecilkan volume, yang tidak boleh lebih dari 60 persen dari volume maksimum perangkat.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *