“bjb

Sebanyak 250 Rumah Terendam Banjir Rob di Sulawesi Tengah

HALOSMI.COM – Sebanyak 250 unit rumah di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah pada Rabu (22/2) terendam banjir rob yang disebabkan air pasang laut. Lokasi terdampak banjir berada di Kelurahan Bahoue dan Bahontula, Kecamatan Petasia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Morowali Utara melaporkan sebanyak 250 KK terdampak peristiwa ini. BPBD Kabupaten Morowali Utara melakukan koordinasi bersama BPBD Provinsi Sulawesi Tengah untuk memenuhi kebutuhan dasar warga terdampak banjir.

Dilansir dari laman BNPB, berdasarkan pantauan visual di lapangan, banjir telah surut dan para warga melakukan pembersihan di tempat tinggal masing-masing.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan wilayah perairan Indonesia per 23 Februari 2023 pukul 19.00 WIB sampai 24 Februari 2023 pukul 07.00 WIB, khususnya pada perairan Teluk Tolo bagian barat yang berdekatan dengan Kabupaten Morowali Utara diperkirakan cuaca hujan ringan dan kondisi gelombang tenang 0,1 – 0,5 m.

Melihat kondisi tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengimbau bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi gelombang tinggi.

Pemerintah setempat dapat melakukan upaya mitigasi untuk jangka pendek dengan membangun pemecah ombak dengan sand bag maupun struktur lain untuk mencegah gelombang air pasang laut memasuki pemukiman warga. (*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *