Segini Harta Kekayaan Ridwan Kamil yang Disebut-sebut Cawapres Terkuat

Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Foto: Istimewa.
Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Foto: Istimewa.

HALOSMI.COM – Pemilihan Presiden (Pilpres) akan digelar pada 2024 mendatang. Hingga saat ini, masyarakat masih menanti siapa saja para pasangan yang akan maju di Pilpres secara lengkap.

Melansir CNBC Indonesia, pada Selasa 12 September 2023. Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan sudah mendeklarasikan maju di Pilpres bersama Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Abdul Muhaimin Iskandar dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sementara itu, belum diketahui secara pasti siapa calon pendamping Bacapres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Bacapres dari Partai PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Namun demikian, sejumlah nama disebut-sebut berpotensi menjadi pendamping Ganjar untuk maju di pilpres 2024. Salah satunya, nama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sapaan akrab Kang Emil yang masuk ke bursa pendamping mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ridwan Kamil memiliki total kekayaan sebesar Rp 23,76 miliar, per 31 Desember 2022.

Besaran harta tersebut terdiri dari tanah dan bangunan sebesar Rp 19,44 miliar. Itu meliputi, 23 kepemilikan berupa tanah, bangunan, serta tanah dan bangunan, yang tersebar di Bandung (18), Bandung Barat (1), Gianyar (1), dan Jakarta Selatan (3).

Sebanyak 14 di antara kepemilikan itu tercatat sebagai hasil sendiri, dan sebanyak 9 sisanya tercatat sebagai hibah dengan akta.

Selain itu, Kang Emil juga tercatat memiliki alat dan transportasi mesin dengan total nilai Rp 488,70 juta. Nilai tersebut terdiri dari mobil Hyundai Santa Fe Jeep tahun 2017, motor Royal Enfield Classic 500 2017 Battle Green tahun 2017, motor Honda Beat Matic 108 – D1BO2N2GL2 tahun 2018, motor Kawasaki W175 tahun 2019, dan motor Honda CBR Second CBR tahun 2019. Semuanya tercatat sebagai hasil sendiri.

Ia juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 429,08 juta, surat berharga sebesar Rp 720 juta, kas dan setara kas sebesar Rp 5,94 miliar, dan harta lainnya sebesar Rp 213,29 juta. Di samping itu Ridwan Kamil juga tercatat memiliki utang sebesar Rp 3,47 miliar. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *