Ragam  

Selain Wortel, Ini Dia 4 Jenis Makanan yang Mampu Mencegah Katarak

Foto : Doc. JEC

HALOSMI.COM- Katarak merupakan proses degeratif berupa kekeruhan di lensa bola mata sehingga menyebabkan menurunnnya kemampuan penglihatan hingga kebutaan. Kekeruhan ini disebabkan oleh terjadinya reaksi biokimia yang menyebabkan keagulasi protein lensa.

Biasanya katarak terjadi pada saat protein yang ada di dalam mata menghalangi pandangan. Katarak bisa berubah menjadi suatu kondisi yang serius, bahkan bisa menjadi salah satu penyebab umum kebutaan. Usia merupakan salah satu penyebab utama terjadinya katarak.

Untuk bisa mencegah katarak, kamu perlu menerapkan pola makan yang sehat dan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan risiko katarak. Dikutip dari Halodoc, berikut ini empat jenis makanan sehat untuk mencegah katarak:

Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan seperti kenari, mete, kacang tanah, maupun kacang brasil memiliki kandungan lemak omega-3 yang bagus untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, dalam kacang-kacangan tersebut juga terdapat kandungan vitamin E yang dapat melindungi dari penyakit degeneratif mata seperti katarak.

Sayuran Berdaun Hijau

Kamu juga perlu rutin mengonsumsi sayuran berdaun hijau agar terhindar dari risiko katarak. Pasalnya, dalam sayuran ini terdapat kandungan lutein, zeaxanthin, dan vitamin C. Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan mata dan terhindar dari penyakit degeneratif seperti katarak.

Ikan

Perlu diketahui bahwa ikan mengandung lemak omega-3. Jenis ikan tersebut diantaranya adalah ikan tuna, salmon, kembung, sarden dan yang lainnya. Jenis ikan ini memiliki kandungan yang sangat bagus untuk mencegah kerusakan pada jaringan mata. Sehingga mata tetap sehat dan terhindar dari risiko katarak.

Telur 

Jenis makanan sehat yang terakhir yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah penyakit katarak adalah telur. Dalam telur terdapat kandungan lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu mengurangi risiko masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *