Selama Kekosongan Jabatan, KPU Provinsi Jabar Ambil Alih 16 Kota Kabupaten

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Barat, Adie Saputro. Foto: Nuria Ariawan/HALOSMI.
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jawa Barat, Adie Saputro. Foto: Nuria Ariawan/HALOSMI.

HALOSMI.COM – Proses seleksi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) di 16 kota kabupaten hingga saat masih berjalan. Maka dari itu, selama proses kekosongan ini diambil alih oleh KPU Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jabar, Adie Saputro, mengatakan tahapan-tahapan seleksi komisioner KPU itu hingga saat ini masih berjalan. Teranyar, tahapan seleksi tes untuk calon komisioner KPU di 16 kota kabupaten.

“Jadi ada 16 kota kabupaten di Jabar yang komisioner KPU nya masih proses seleksi. Setelah habis masa jabatan per tanggal 7 Oktober kemarin, sampai nanti komisioner anggota KPU di 16 kota kabupaten ini dilantik, maka selama proses kekosongan ini diambil alih oleh KPU Provinsi,” ujar Adie, kepada HALOSMI.COM, Selasa 17 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, pihaknya tentu tetap mengawal proses pemilu yang sedang berjalan, dengan berkoordinasi kepada Satuan Kerja (Satker) di 16 kota kabupaten, termasuk di Kota Sukabumi. Hal itu dilakukan guna memastikan seluruh proses tahapannya berjalan dengan lancar.

“Jadi bukan berarti tidak ada komisioner yang ada ataupun belum dilantik, tapi juga kita memastikan semuanya berjalan,” ungkapnya.

Disingung terkait dengan penetapan pelantikan komisioner KPU 16 kota kabupaten ini, kata dia, hingga saat ini pihaknya juga masih menunggu dari KPU RI. Namun demikian, pihaknya berharap pada Bulan Oktober ini bisa segera dilantik.

“Ya nanti untuk kewenangan penetapan pelantikan di KPU RI, kita sedang menunggu dari KPU RI. Kita belum tahu pastinya ya, mudah-mudahan dalam bulan inilah, 16 anggota KPU kota Kabupaten, termasuk Kota Sukabumi bisa segera dilantik,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *