“bjb

Sering Tumbuh Jerawat di Area Wajah ? Ternyata Ini Penyebabnya

Viva foto

HALOSMI.COM- Jerawat merupakan peradangan kulit yang mengenai kelenjar sebum dan folikel rambut akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Dengan tumbuhnya jerawat dapat membuat seseorang tidak percaya diri bahkan bisa membuat seseorang stress akibat sulitnya menghilangkan peradang kulit ini.

Banyak faktor penyebab timbulnya jerawat di area permukaan wajah, diantaranya mengonsumsi makanan berminyak, perubahan hormon, tidak menjaga kebersihan wajah, bahkan akibat rambut yang tumbuh kedalam. Berikut penjelasannya :

Mengonsumsi Makanan yang Berminyak 

Makanan berminyak adalah makanan yang sulit kita hindari. Kebanyakan makanan berminyak memiliki rasa yang lezat bahkan gurih sehingga sulit untuk tidak memakannya. Namun, seseorang yang berlebihan mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan dapat membuat kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak yang menyebabkan peradangan dan itu menyebabkan timbulnya jerawat di permukaan area wajah.

Perubahan Hormon 

Ketidak seimbangan hormon ataupun perubahan hormon sering terjadi pada wanita setiap bulannya saat mengalami pubertas. Selain itu, wanita yang mengalami polycystic ovary syndrome (PCOS) dan pada saat proses produksi hormon androgen dapat mengalami ketidakseimbangan hormon, sehingga berpotensi menimbulkan jerawat.

Tidak Menjaga Kebersihan Wajah 

Setelah melakukan aktifitas diluar rumah yang membuat wajah kita terpapar sinar matahari bahkan terkena polusi udara, rasanya sangat sulit untuk memiliki kesadaran diri dalam hal membersihkan wajah. Padahal mencuci muka adalah kegiatan yang tidak memakan waktu lama. Padahal ketika kebersihan wajah tidak dijaga dengan baik, maka pori-pori dapat tersumbat dan menyisakan kotoran-kotoran yang menempel di wajah. Hal inilah yang kerap menimbulkan datangnya jerawat.

Rambut yang Tumbuh ke Dalam

Berbeda dengan perubahan hormon yang dialami oleh kebanyakan wanita, untuk laki-laki yang sering mencukur jenggot juga kumis itu dapat memicu rambut tumbuh ke dalam kulit. Kondisi ini bisa menimbulkan peradangan dan tumbuh jerawat di dagu.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *