Ragam  

Seru ! 4 Permainan ini Ternyata Mampu Mengasah Konsentrasi Pelajar

Foto: Doc. Freepik

HALOSMI.COM- Permainan atau game bagi kalangan orangtua menjadi sebuah pandangan yang sangat buruk, hal ini dikarenakan ketika seorang anak sedang bermain game itu akan lupa waktu, sulit di suruh bahkan menjadi malas untuk melakukan kegiatan lain.

Namun tidak semua game memiliki dampak yang buruk, justru bisa membantu meningkatkan tingkat fokus dan konsen yang anak miliki khususnya kalangan pelajar. Berikut 4 permainan yang seru dan mampu mengasah konsentrasi pelajar :

1. Teka-Teki Silang 

Foto: Doc. Pinteres

Game ini sangat berguna untuk latihan kognitif karena menantang otak agar selalu fokus ketika mencari tahu jawabannya. Bahkan jika mainnya bersama teman-teman ini juga dapat menumbuhkan sebuah kerjasama tim yang baik. Game ini bisa di mainkan oleh hampir semua kalangan. Mulai dari kalangan SD bahkan sampai orang dewasa.

Game ini sangat bermanfaat dalam jangka panjang bahkan dapat membantu anak mengurangi risiko mengidap penyakit demensia.

2. Puzzle 

Foto : Doc. Conde Nast Traveler

Memainkan permainan ini bisa mendorong seseorang apalagi anak untuk menggunakan memori jangka pendeknya. Di dalam permainan ini terdapat beberapa warna dimana kamu diharuskan berpikir untuk memilah milah warna serta bentuk yang berbeda. Dengan begitu, maka kamu dipaksa untuk lebih keras dari biasanya. Memecahkan teka-teki gambar bisa membantu kamu untuk meningkatkan konsentrasi, terlebih jika dilakukan setiap hari.

3. Yoga Otak 

Foto : Doc. Gurusiana

Selain menjadi sebuah permainan, yoga otak biasanya di gunakan sebagai ice breaking di dalam sebuah kelas ataupun seminar.

Yoga Otak memiliki cara kerja yang mengharuskan kamu untuk mengepalkan kedua tangan. Tangan kiri harus diluruskan jari kelingking dan jari kanan ulurkan ibu jari. Setelah itu, kamu hanya perlu mencobanya secara bergantian dan lakukan beberapa kali.

Meski terlihat sederhana, memainkan game ini membutuhkan banyak koordinasi. Jika melakukannya beberapa kali dalam sehari bisa bermanfaat untuk membantu kamu meningkatkan konsentrasi seseorang.

4. Sudoku

Foto: Doc.Joom

Untuk bisa memecahkan permainan ini, bukan hal yang mudah bagi pemula. Namun permainan ini sangat berguna untuk melatih pikiran. Hal ini dikarenakan saat memainkannya kamu diharuskan untuk menyerap beberapa strategi dan potongan informasi dalam jangka waktu singkat.

Oleh karena itu, memainkan Sudoku memaksa otakmu untuk berkonsentrasi hingga bisa menempatkan semua angka secara berurutan tanpa pengulangan.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *