“bjb
Tekno  

Tak Perlu Ngantri, Begini Cara Membuat SKCK Online Melalui Aplikasi Presisi

Foto : Doc. Polri

HALOSMI.COM-  SKCK adalah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. SKCK merupakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh Polri. SKCK biasanya digunakan sebagai lampiran dalam surat lamaran pekerjaan. Namun kini untuk bisa membuat SKCK kamu tidak perlu ngantri di polres. Kamu bisa membuatnya melaui aplikasi Presisi.

Selain di gunakan untuk membuat SKCK, PRESISI Polri turut memberikan layanan untuk membuat SIM (Pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM online), KTA Satpam (Pembuatan Kartu keanggotaan Satpam online), SP2HP (Layanan informasi perkembangan perkara), E-Tilang (Layanan pengurusan tilang online), dan lain sebagainya.

Pendaftaran SKCK bisa dilakukan dengan daftar langsung atau dengan mendaftar secara online di aplikasi PRESISI Polri. Berikut adalah tahapan dalam membuat SKCK online melalui aplikasi PRESISI Polri:

1. Unduh SuperApp Presisi di Google Play Store atau App Store.

2. Buka aplikasi dan lakukan verifikasi data identitas. Kamu perlu mengisi identitas, foto selfie, foto KTP, dan foto selfie bersama KTP (Verifikasi akan berhasil paling lama 1×24 jam)

3. Setelah verifikasi berhasil, kembali ke menu utama.

4. Pilih menu SKCK di halaman utama tersebut.

5. Klik Ajukan SKCK untuk melakukan pendaftaran SKCK online.

6. Lakukan verifikasi email. Konfirmasi biaya, lampiran dokumen, waktu proses, dan cara pengambilan yang ditampilkan di layar. Lalu klik Mulai.

7. Masukkan jenis keperluan, data pribadi, keluarga, pendidikan, perkara pidana, ciri fisik, dan lampiran.

8. Pilih metode pembayaran tunai atau Virtual Account, lalu bayar pendaftaran SKCK tersebut. Untuk biaya SKCK WNI dikenakan tarif Rp30.000 sementara WNA Rp60.000. Biaya tersebut berlaku sama di seluruh Polres/Polsek di wilayah Indonesia.

9. Bukti pembayaran akan dikirimkan ke email. Unduh bukti pembayaran. 10. Terakhir, kamu tinggal datang ke kantor polisi untuk menyerahkan bukti pembayaran tersebut.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *