“bjb

Tau Gak Sih! Ciri-Ciri Orang yang Bermental Miskin

HALOSMI.COM- Kemiskinan selalu menjadi problem klasik di semua negara, terutama negara berkembang.

Sebab kemiskinan yang paling relevan saat ini adalah sikap manusia itu sendiri, atau yang disebut behavior poverty maupun cultural poverty.

Secara sederhana, istilah ini dapat disebut sebagai mental miskin.

Mental miskin, dalam kehidupan nyata ternyata sebuah perilaku yang tidak sedikit orang tanpa sadar memilikinya.

Bahkan uniknya, tidak sedikit pula mereka yang memiliki karakter mental miskin namun pada saat bersamaan, memiliki rasa prestise atau gengsi yang tinggi.

Nah, dua karakter ini jika dipadupadankan, bahaya lho?

Ingin tahu apa saja ciri-ciri orang yang bermental miskin? Berikut jawabannya.

1. Suka Gratisan

Orang yang bermental miskin biasanya ingin selalu gratisan, suka meminta-minta dan sulit mengeluarkan uang pribadinya. Tak jarang, ciri ini biasanya ada pada diri orang yang pelit, tapi suka meminta-minta kepada temannya.

2. Kikir

Orang macam ini kikir pada diri sendiri dan sekitarnya. Sulit untuk mengeluarkan uang meski untuk kebutuhan sendiri. Meski begitu, dalam dirinya selalu merasa kekurangan akibat tidak pandai bersyukur atas apa yang dimilikinya.

3. Tidak Ada Motivasi Berubah

Lebih parahnya, selain kiki dan suka gratisan, orang yang bermental miskin biasanya juga tidak mau berubah. Kebiasaannya selalu mengutuk dirinya sendiri, menyalahkan dirinya sendiri dan menolak dan tidak percaya dengan perubahan diri kearah yang lebih baik.

4. Iri dengan Orang Lain

Orang yang iri biasanya lantaran menyimpan penyakit hati seperti dengki, hasut melihat kesuksesan orang lain. Tentu, orang yang bermental kaya akan selalu percaya diri dan tidak iri. Karena dalam dirinya menyusukuri dan bisa lebih dari pencapaian orang lain.

5.Terlalu Perhitungan

Ketika ada orang yang dalam membantu selalu perhitungan, baik mengeluarkan uang, tenaga dan pikiran. Menandakan mentalnya masih belum dewasa. Karena orang yang masih pamrih dan perhitungan menunjukkan belum siapnya menerima kenyataan hidup.

6.Gengsian

Mental semacam ini yang paling parah dalam hidup dan bisa membuat hancur seseorang, kekayaan maupun kariernya. Tanpa disadari, orang yang hidup penuh gengsi, akan mencelakai dirinya sendiri. Sebab apa-apa harus branded, mahal dan berkelas.

Lebih parahnya lagi, sudah tahu finansialnya pas-pasan, tapi masih memaksa diri untuk hidup gengsi.

7. Apresiasi Rendah

Orang yang berjiwa besar salah satunya bisa dilihat dari cara memberi penghargaan, penghormatan sekecil apapun. Sedangkan orang bermental miskin, sulit menerima kesuksesan, keberhasilan dan kebahagiaan orang. Alhasil, dirinya sulit memberi apresiasi kepada orang lain.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *