Ragam  

Ternyata Ini Kota yang Paling Sering Dilanda Hujan Deras di Dunia

Ilustrasi hujan. Foto: Istimewa.
Ilustrasi hujan. Foto: Istimewa.

HALOSMI.COM – Beberapa kota di dunia memiliki curah hujan yang tinggi dan lebat. Hal ini tentu membuat daerah tersebut sering berada dalam keadaan basah hingga lembap.

Di Indonesia, Bogor memiliki julukan kota hujan, namun peta data Bank Dunia menunjukkan bahwa negara-negara dengan curah hujan tertinggi di dunia ternyata berpusat di sekitar garis khatulistiwa atau bagian atas Amerika Selatan, di Afrika tengah dan barat, dan di antara pulau-pulau di Asia Tenggara.

Berdasarkan laporan The Guardian, dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat 22 September 2023, curah hujan tertinggi banyak tercatat terjadi di tempat-tempat terpencil yang hanya dihuni sedikit orang.

Dua kota di India, Cherrapunji dan Mawsynram, ternyata adalah kota yang paling sering hujan di dunia. Kedua kota itu bersaing untuk mendapatkan gelar tempat terbasah di bumi.

Menurut Guiness Book of Records, Mawsynram mendapat curah hujan sekitar 11.871 milimeter per tahun. Jumlah tersebut lebih dari 10 kali rata-rata nasional India yaitu 1.083 mm.

Lalu, mengapa Mawsynram menjadi tempat paling banyak diguyur hujan? Jawabannya terletak pada letak geografisnya. Kota ini terletak di wilayah pegunungan yang dikenal sebagai Dataran Tinggi Khasi, yang terkena angin muson dari Teluk Benggala.

Angin yang mengandung uap air ini naik saat bertemu dengan pegunungan, sehingga menyebabkan kondensasi dan akhirnya curah hujan melimpah.

Sebagian besar hujan di Mawsynram turun selama musim hujan, yang berlangsung sekitar bulan April hingga Oktober setiap tahun.

Sementara Cherrapunji, yang lokasinya berjarak 15 kilometer dari Mawsynram, mempunyai curah hujan sekitar 11.777 milimeter per tahun.

Adapun kota besar di Asia Tenggara yang memiliki curah hujan tinggi adalah Singapura, Manipula, dan Jakarta. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *