Ternyata Ini Penyebab Sering Merasa Haus Ketika Malam hari

HALOSMI.COM- Guys Kalian Pernah Gak Sih Lagi Rebahan atau kalian sudah tidur ketika malam hari tapi tiba-tiba selalu merasa haus, Nah tau gak sih Penyebab sering merasa haus ketika malam hari? Simak penjelasannya di bawah.

Air menjadi salah satu pilar kehidupan kita, Air menjalankan berbagai fungsi vital tubuh kita, seperti membawa nutrisi dan oksigen ke sel, melumasi sendi, dan mengatur suhu tubuh. Maka dari itu, tubuh kita perlu terhidrasi dengan baik untuk menjaga kesehatan.

Secara umum, kita dianjurkan minum air minimal 9-13 gelas per harinya. Ketika tidur pun tubuh kita sangat membutuhkan hidrasi yang cukup, karena di masa itulah proses perbaikan dan pemulihan terjadi di dalam tubuh kita.

Nak kalo kalian setiap malam hari merasa kehausan, perlu diwaspadai dan harus mulai dipantau, karena bisa terjadi indikasi masalah tertentu.

Berikut penyebabnya:

1. Gaya Hidup

Gaya hidup tidak sehat yang umum kita temui, seperti merokok menyebabkan mulut terasa kering yang menyebabkan kamu ingin banyak minum air.

Begitu pula dengan minuman alkohol, kopi atau kafein di malam hari bisa berperan sebagai diuretik yang meningkatkan produksi urine dan tentunya menyebabkan dehidrasi.

2. Pengaruh Obat-obatan

Beberapa obat juga dapat meningkatkan rasa haus sebagai efek samping. Seperti obat-obat resep dokter yang digunakan untuk mengobati diabetes, tekanan darah tinggi, kondisi kejiwaan tertentu, atau bahkan obat untuk gangguan tidur.

3. Gangguan Tidur

Nah Gangguan tidur bisa disebabkan beberapa hal, seperti mendengkur atau sleep apnea, udara kering, maupun suhu ruangan yang tinggi.

Mendengkur bisa menyebabkan jeda pernapasan terputus-putus atau dangkal yang berdampak pada penguapan kelembapan yang meningkat.

Kemudian hal ini mengakibatkan kesulitan bernapas, kekeringan di mulut dan tenggorokan.

Udara kering dan suhu ruangan yang tinggi bisa membuat tubuh kehilangan air melalui penguapan dari kulit melalui keringat dan sistem pernapasan.

Maka dari itu, penting untuk tetap terhidrasi di cuaca panas, karena bisa meningkatkan sensasi rasa haus.

4. Diet dengan Tinggi Natrium

Bagi kamu yang melakukan diet tinggi natrium, jangan lupa untuk selalu perhatikan kebutuhan cairan tubuh ya.

Hal ini karena natrium yang umumnya ditemukan pada makanan olahan dan garam dapat menyebabkan dehidrasi tubuh.

Mengonsumsi banyak natrium bisa menahan air untuk menjaga keseimbangan, sehingga meningkatkan rasa haus.

Kamu bisa hindari makanan olahan atau kemasan dan perbanyak makan buah dan sayur.

5. Kondisi Medis

Kondisi medis tertentu bisa menyebabkan kamu merasa sangat haus di malam hari, seperti ketidak seimbangan hormon, anemia, diabetes, maupun masalah ginjal.

Kondisi-kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan cairan tubuh.

Itu dia guys beberapa penyebabnya, selalu perhatikan cairan yang ada didalam tubuh kita ya, dengan minum air putih yang banyak, pola hidup sehat dan konsumsi makanan bervitamin tinggi.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *