“bjb

TikTok Shop Bakal Kembali Beroperasi di Indonesia, Mendag Zulhas Angkat Bicara

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas). Foto: Istimewa.
Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas). Foto: Istimewa.

HALOSMI.COM – TikTok dikabarkan akan kembali mengoperasikan TikTok Shop di Indonesia dengan menggandeng e-commerce lokal. Berdasarkan informasi, ada sejumlah e-commerce lokal yang didekati TikTok.

Menanggapi hal ini, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas) angkat bicara terkait isu kembalinya TikTok Shop. Zulhas tidak mempermasalahkan kehadiran TikTok Shop selama mematuhi peraturan yang ada di Indonesia.

“Asal sesuai aturan boleh, kita tidak anti asing diatur yang penting ditata, agar bisa mendukung UMKM kita mengembangkan pasarnya bahkan hingga internasional ekspor,” kata Zulhas, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu 29 November 2023.

Namun hingga saat ini, kata Zulhas, dirinya belum mendapat surat resmi berkaitan dengan masuknya kembali TikTok Shop ke Indonesia.

“Saya belum dapat suratnya dan belum dapat pemberitahuan,” jelasnya.

Hanya saja, tegas Zulhas, apabila TikTok Shop benar-benar kembali ke Indonesia, maka harus mampu mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal. Bukan malah mematikan UMKM lokal.

“Kalau itu gapapakan sama-sama menguntungkan yang selama inikan barang dari luar (masuk ke RI) UMKM kita mati. Yang harus kita balik UMKM kita masuk platform digital bisa diakses seluruh masyarakat Indonesia dan luar negeri,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *