“bjb

Tips Berenang dengan Anak agar Tetap Aman

HALOSMI.COM- Bermain air di kolam renang bersama anak merupakan satu diantara cara berekreasi yang menyenangkan baik bagi orang tua maupun anak.

Namun orang tua tetap harus waspada dan jangan sampai terledor atau lalai saat mengawasi anak bermain air di kolam renang.

Selain sebagai sarana rekreasi bersama keluarga, berenang juga memiliki berbagai manfaat bagi anak, di antaranya baik untuk melatih jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan serta fleksibilitas otot, memperbaiki stamina, hingga menjaga keseimbangan dan postur tubuh.

Itulah sebabnya semakin banyak orang tua yang menyadari pentingnya mengajak anak untuk berenang rutin setiap minggunya.

Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar si Kecil tetap aman selama bermain di kolam renang.

Dari berbagai bahaya yang mengintai seperti dijelaskan di atas, berikut ini adalah beberapa tips berenang dengan anak agar tetap aman.

1. Awasi anak

Tips pertama ialah selalu mengawasi anak, baik saat mereka di dalam air maupun di sekitaran kolam. Jagalah anak-anak dalam jangkauan orang dewasa dan temani anak saat berenang.

Pastikan Anda sendiri bisa berenang, lebih berpengalaman selalu bersama anak di setiap situasi. Segera sigap bila terjadi hal-hal mencurigakan saat di dalam atau hanya di area pinggir kolam agar anak tetap aman dan terjaga.

2. Ketahui kedalaman kolam

Biasanya, setiap kolam renang akan memberikan penanda dan juga memisahkan kolam untuk dewasa dan anak-anak. Setelah mengetahui kedalaman kolam tersebut, pastikan anak-anak Anda tak berkeliaran atau berenang di bagian tersebut.

3. Pakai pelampung

Meski anak bisa berenang, sebaiknya anak tetap dipakaikan pelampung apalagi pada anak yang masih di bawah usia 10 tahun. Pastikan pelampung yang Anda beli sudah terjamin kualitasnya dan bisa membantu anak mengapung. Dengan begitu, perlindungan saat berenang untuk buah hati bisa lebih maksimal.

4. Ajari anak

Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Namun, tak ada salahnya untuk memberi bekal cara berenang yang baik untuk mereka. Anda bisa melakukannya saat berenang bersama mereka, atau bisa juga menyewa instruktur yang profesional. Namun, tetap awasi dan jangan lengah saat di kolam meski anak mulai mahir berenang.

5. Pelajari CPR dan skill penyelamatan

Sangat penting untuk mempelajari CPR atu teknik-teknik penyelamatan air lainnya untuk mengatasi kejadian yang tidak diiinginkan.

Penting untuk mengetahui cara merespons dalam keadaan darurat. Mempelajari keterampilan ini dapat membantu Anda menyelamatkan nyawa.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *