Ragam  

Tips Hilangkan Noda Cat di Baju dengan Cepat!

HALOSMI.COM- Noda cat di baju bisa merusak warna baju dan merusak penampilan kamu bahkan setelah bernoda kita malas ya untuk memakainya lagi. Nah gak usah khawatir ini tips Hilangkan Noda Cat di baju dengan cepat di simak ya.

Ada saja hal-hal tak terduga yang membuat baju kamu tak sengaja terkena noda cat. Misalnya, saat Anda sedang melukis, atau bersandar pada dinding yang baru saja dicat.

Menukil Good Housekeeping, salah satu trik untuk menghilangkan noda cat dari pakaian adalah dengan membersihkannya secepat mungkin sebelum cat mengering. Pasalnya, setelah warna cat mengering tentu sulit untuk dihilangkan.

Berikut ini cara mudah hilangkan Noda Cat:

1. Pakai sabun cuci piring

Cara ini cocok untuk membersihkan noda cat lateks berbahan dasar air dan cat akrilik.

Caranya cukup mudah, cukup bilas baju yang terkena noda cat dengan sedikit air hangat. Kemudian oleskan noda tersebut dengan lap yang dibasahi air dan sedikit sabun pencuci piring.

Diamkan larutan selama beberapa menit, lalu gosok dan bilas dengan air hangat. Ulangi sesuai kebutuhan dan cuci baju dengan air dingin.

2. Pakai penghapus cat kuku aseton

Penghapus cat kuku juga disebut paling efektif untuk membersihkan noda cat lateks di baju.

Caranya rendam kain lap dalam cairan pembersih, lalu bersihkan noda di bagian baju yang terkena cat. Setelah itu cuci baju seperti biasa.

Meski demikian, penting untuk memastikan bahwa bahan pakaian tidak mengandung asetat atau triasetat. Aseton dalam penghapus cat kuku dapat merusak serat-serat tersebut.

3. Pakai hairspray

Cara lain untuk menghilangkan noda cat di baju adalah dengan menggunakan hairspray. Hairspray cocok digunakan untuk membersihkan noda cat yang cukup banyak menempel di baju karena mengandung alkohol.

Caranya semprotkan noda hingga seluruhnya tertutup. Gosok-gosong bagian baju yang kena cat menggunakan sikat gigi bekas.

Kamu juga dapat mencoba mengalirkan air hangat ke noda setelah menggosoknya, atau menyemprotkannya dengan deterjen biasa. Setelah itu baju bisa langsung dicuci di mesin cuci.

4. Alkohol gosok

Caranya, basahi noda dengan air hangat agar noda menjadi lembap. Kemudian rendam bola kapas atau sikat gigi bekas dalam alkohol gosok dan gosokkan pada noda.

Bilas dengan air hangat dan ulangi prosesnya sesuai kebutuhan. Setelah Anda berhasil mengatasi noda, masukkan pakaian ke dalam mesin cuci untuk menghilangkan sisa noda dan alkohol.

5. Pakai paint thinner

Menukil Real Simple, untuk menghilangkan noda cat oil-based, kamu bisa menggunakan paint thinner atau pelarut cat dan spons.

Setelah itu, oleskan sabun pencuci piring pada noda, lalu rendam pakaian semalaman. Terakhir, bilas dan cuci pakaian seperti biasa.

Jika noda masih tertinggal setelah dicuci, bersihkan kembali dengan paint thinner, lalu cuci kembali pakaian sampai noda benar-benar bersih.

Itulah 5 cara menghilangkan noda cat di baju. Semoga membantu kamu ya!

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *