Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Batal Jadi ‘Kado’ Hari Kemerdekaan

Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan kecepatan hingga 350 km/h. Memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan akan melayani 4 Stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar (Sumber : PT KCIC)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung dengan kecepatan hingga 350 km/h. Memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan akan melayani 4 Stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar (Sumber : PT KCIC)

HALOSMI.COM – Rencana operasional terbatas kereta cepat Jakarta-Bandung yang direncanakan akan dimulai 18 Agustus 2023 diundur menjadi awal September 2023. Uji coba yang tadinya sebagai ‘kado’ di Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 terpaksa batal. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku operator mengatakan untuk memastikan program uji coba pada masa pra operasi, PT KCIC terus melakukan persiapan di berbagai sisi.

“Sesuai arahan pemerintah, rencananya uji coba pra operasi akan berlangsung mulai awal September 2023. Pada masa masyarakat dapat mencoba KA Cepat relasi Jakarta – Bandung tanpa dikenakan biaya,” kata General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa dalam laman resmi PT KCIC, Selasa 8 Agustus 2023.

Eva menuturkan, seluruh aspek akan dipersiapkan dengan baik serta mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan KA Cepat. Adapun Uji coba sarana dan prasarana telah dilakukan dan berjalan dengan lancar. Saat ini KCIC juga terus memastikan seluruh kelengkapan pendukung operasional dapat berjalan dengan baik nantinya saat dioperasikan.

Secara paralel, lanjut Eva, KCIC juga melakukan sertifikasi baik sarana dan prasarana KA Cepat bersama Kementerian Perhubungan. KCIC sepenuhnya mengikuti tahapan tersebut dengan menyiapkan berbagai data dan informasi yang dibutuhkan dalam rangka kelancaran proses sertifikasi. Seluruh kesiapan baik operasional maupun fasilitas stasiun terus KCIC persiapkan, salah satunya terkait stasiun. Nantinya saat stasiun mulai melayani penumpang maka dipastikan akses yang tersedia telah siap digunakan.

“Pada masa uji coba gratis tersebut, KCIC akan melibatkan berbagai stakeholder khususnya masyarakat di sekitar trase kereta cepat. Hal ini sebagai bentuk apresiasi KCIC atas peran serta dan dukungan masyarakat sekitar,” tutur Eva.

Eva mengungkapkan, akan ada kesempatan bagi masyarakat lainnya yang ingin mengikuti uji coba gratis dengan melakukan pendaftaran secara mandiri. Adapun mekanisme dan ketentuan bagi masyarakat yang ingin mengikuti ujicoba gratis akan segera diumumkan secara resmi melalui saluran informasi PT KCIC.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *