“bjb

Usai Apel Siaga Hadapi Bencana, Kota Sukabumi Diguncang Gempa M 2,1

Ilustrasi gempa bumi. Foto: Istimewa.
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Istimewa.

HALOSMI.COM – Gempa bumi bermagnitudo 2,1 skala richter (SR) mengguncang barat daya Kota Sukabumi, pada Jumat, 8 Desember 2023, sekitar pukul 11.32 WIB.

Gempa bumi itu terjadi setelah Kodim 0607/Kota Sukabumi bersama unsur Forkopimda menggelar apel siaga dalam rangka menghadapi bencana alam di lapang Makodim.

Baca juga: Kodim 0607/Kota Sukabumi dan Forkominda Gelar Apel Siaga Hadapi Bencana Alam

Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=2.1. Episenter terletak pada koordinat 7.03 LS – 106.81 BT, tepatnya 18 kilometer Barat Daya KOTA-SUKABUMI-JABAR, dengan kedalaman 6 kilometer.

Kalak BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari warga terkait dampak gempa bumi yang terjadi.

“Tidak ada laporan dari warga, dan oleh kita pun tidak terasa ada getaran pada saat gempa bumi terjadi,” ujar Novian, kepada HALOSMI.COM, melalui pesan singkat, Jumat, 8 Desember 2023.

Ia menjelaskan, gempa merupakan pergerakan bumi yang setiap saat bisa terjadi, namun skalanya ada yang bisa dirasakan langsung dan tidak langsung. BPBD sendiri kini memiliki alat deteksi gempa bumi bantuan dari BMKG.

“Kebanyakan titik lokasi gempa bumi terjadi di wilayah Kabupaten Sukabumi, untuk di wilayah kotanya bisa terimbas dan terasa getaran di mana skalanya relatif besar,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *