Usai Bertemu dengan Wali Kota Sukabumi Pimpinan Muhammadiyah Ungkap Hal Ini

HALOSMI.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi akan menutup Jalan Syamsudin untuk pelaksanaan salat Idul Fitri yang akan berlangsung di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Ummi), pada Jumat 21 April 2023 mendatang.

Langkah itu dilakukan Pemkot Sukabumi paska ramainya isu pemberitaan terkait penolakan permohonan yang diajukan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) untuk salat Idul Fitri di Lapang Merdeka.

Pimpinan Dewan Muhammadiyah, Ade Rahmatullah, membenarkan bahwa Muhammadiyah awalnya memang berencana akan melaksanakan salat Idul Fitri di Lapang Merdeka. Namun kemudian menggunakan plan B, yaitu di Ummi.

“Berdasarkan kesepakatan, hasil dari audien dengan pak wali kota, bahkan pak wali juga ingin memfasilitasi. Hanya memang pak wali menyampaikan beliau menunggu waktu sampai ada keputusan dari pemerintah tentang pelaksanaan salat Idul Fitri,” ujar Ade, kepada awak media, usai melakukan pertemuan di Balai Kota Sukabumi secara tertutup, Senin 17 April 2023.

Hasil dari pertemuan itu, kata dia, Pemkot Sukabumi akhirnya memfasilitasi pelaksanaan salat Idul Fitri di kampus Ummi dan menggunakan sebagian Jalan Syamsudin. Bahkan, Pemkot sendiri sudah berkoordinasi dengan masyarakat sekitar dan juga rumah dinas Kasetukpa.

“Akhirnya beliau (wali kota) memfasilitasi, bahwa Jalan Syamsudin akan ditutup, untuk memfasilitasi kita solat di kampus, dan menggunakan Jalan Syamsudin,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, akhirnya angkat bicara terkait penolakan permohonan yang diajukan oleh PDM untuk salat Idul Fitri di Lapang Merdeka. Ramainya isu tersebut, Pemkot Sukabumi pun langsung mengadakan pertemuan dengan PDM di Balai Kota Sukabumi secara tertutup.

“Kita agak kaget sebenarnya dengan berita yang jadi viral, kemudian menjadi liar informasinya, tidak sesuai dengan fakta yang terjadi,” kata Fahmi. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *