Usai Pleno, Imam Sutrisno Resmi Terpilih Jadi Ketua KPU Kota Sukabumi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi masa bakti 2023-2028, Imam Sutrisno (tengah). Foto: Istimewa.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi masa bakti 2023-2028, Imam Sutrisno (tengah). Foto: Istimewa.

HALOSMI.COM – Imam Sutrisno resmi menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi masa bakti 2023-2028. Ia terpilih usai dilakukan rapat pleno yang dilakukan di kantor KPU Pusat beberapa hari yang lalu.

Sementara itu, empat komisioner lainnya, yaitu Dikrilah, Nenda Suhanda, Seni Soniansih, dan Siska Agustia, akan menjabat sebagai anggota KPU Kota Sukabumi.

Ketua KPU Kota Sukabumi, Imam Sutrisno, mengatakan terpilihnya ia sebagai ketua usai dilakukan rapat pleno bersama lima Komisioner KPU Kota Sukabumi terpilih. Dalam rapat tersebut dirinya mendapat perolehan tiga suara.

“Sesuai Pasal 44 Undang-Undang (UU) Republik Indonesia (RI) No. 7/2017 Tentang Pemilihan Umum, jadi kita lakukan rapat pleno dulu. Dalam rapat itu alhamdulilah saya mendapatkan tiga suara, kemudian terpilih menjadi ketua,” kata, Imam, kepada awak media, pada Selasa, 2 Januari 2024.

Pelantikan ini, kata dia, merupakan tahapan penting dalam memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di Kota Sukabumi dalam periode yang akan datang.

“Dengan hasil ini diharapkan kami mampu memimpin dengan bijaksana dan menjalankan tugas secara profesional. Selanjutnya semoga kami semua dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga integritas dan kredibilitas lembaga KPU,” ungkapnya.

Ia menegaskan, para komisioner KPU Kota Sukabumi pun akan bertanggung jawab untuk menjalankan seluruh tahapan pemilu dengan adil, transparan dan demokratis.

“Ya karena sebagai anggota KPU, kami memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan proses Pemilu di Kota Sukabumi berlangsung dengan aman, lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” imbuhnya.

Dengan adanya pelantikan ini, sambung dia, diharapkan KPU Kota Sukabumi dapat menjadi lembaga yang independen, profesional dan dapat dipercaya dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Semoga pelantikan ini menjadi awal yang baik bagi pembangunan demokrasi yang lebih baik di Kota Sukabumi, sekaligus memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

“Kami akan bekerjasama menjaga soliditas dengan berbagai pihak terkait, termasuk partai politik, masyarakat dan media massa, dalam membangun kepercayaan dan mendukung keberlangsungan demokrasi di Kota Sukabumi,” tandasnya.

Diketahui, lima komisioner KPU Kota Sukabumi ini dilantik oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, bersama dengan 40 kota/kabupaten di 13 Provinsi untuk periode 2023-2028. Pelantikan itu berlangsung di halaman kantor KPU, Jakarta Pusat, pada Jumat Malam, 30 Oktober 2023. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *