Ragam  

Waduh! 800 Wartawan Kena PHK, Dewan Pers Ungkap Penyebabnya

HALOSMI.COM- Kabar Buruk bagi jurnalis, kabarnya sudah 800 wartawan terkena PHK di Indonesia, Namun sebagian orang belum tau apa penyebabnya, sehingga dewan pers mengungkap penyebabnya.

Nah Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengatakan ada tantangan besar bagi industri media di era disrupsi kecerdasan buatan atau AI yang menuntut wartawan dan perusahaan media untuk meningkatkan kapasitasnya.

Hal tersebut ia ungkap di atas panggung Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2024 di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa 20 Februari 2024 kemarin.

Lebih lanjut ia memaparkan, pada 2023 setidaknya ada lebih dari 800 orang pekerja pers yang kena PHK. Jumlah tersebut bisa lebih jika dihitung dengan perusahaan lokal media.

Belum lagi platform digital yang berubah menjadi medium raksasa yang mengambil alih distribusi informasi. Porsi periklanan diserap oleh platrofm tanpa disertai sharing revenue yang memadai.

“Jika pemasukan media kian tergerus, bagaimana para insan pers dapat secara continue memberikan berita berkualitas,” kata Ninik.

“Oleh karena itu patut disyukuri Pak Jokowi yang telah merespons dengan akan mengesahkan Perpers Publisher Right. Ia berharap aturan ini bisa menjadi bagian dari rasa keadilan bagi jurnalis.” imbuhnya, Mengutip dari CNBC.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *