“bjb
Ragam  

Waduh! Efek El Nino Sampai Lupa dengan Ademnya Hujan

HALOSMI.COM- Menurut BMKG musim hujan akan datang pada bulan november, namun saking lamanua tidak hujan efek el nino sampai lupa dengan ademnya hujan guys.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memprediksi musim kemarau akan berakhir di sebagian besar wilayah Indonesia mulai akhir Oktober, dengan awal musim hujan secara bertahap dimulai awal November.

“Ada beberapa wilayah yang masuk musim penghujan sebelum November dan ada yang mundur, tapi sebagian besar pada bulan November,” kata dia, di Jakarta, Selasa 3 Oktober 2023 dikutip dari siaran pers BMKG.

Menurut dia, musim kemarau yang panjang ini terkait dengan efek fenomena iklim yang menurunkan curah hujan, El Nino.

“Sesuai prediksi BMKG, puncak dampak El Nino terjadi pada bulan September, namun tadi kami juga menganalisis dari data satelit yang terkini, terlihat Oktober ini nampaknya intensitas El Nino belum turun. Fenomena El Nino ini diprediksi masih akan terus bertahan hingga tahun depan,” tuturnya.

Saat menghitung hari datangnya hujan, peta Monitoring of Consecutive No Rain Days atau Monitoring Hari Tanpa Hujan Berturut-Turut mengungkap daerah-daerah yang paling merana akibat kekeringan.

Wilayah-wilayah dengan kategori ekstrem panjang tanpa hujan itu sendiri ada di sebagian Banten, DKI Jakarta, sebagian besar Jawa Barat, hampir seluruh Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Bali, NTB, sebagian besar NTT, Sulawesi Selatan, dan sebagian kecil Sulawesi Tenggara.

Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar 10 besar wilayah terlama yang tak kena hujan di 2023:

1. Sumba Timur (NTT) 166 hari tanpa hujan
2. Rote Ndao (NTT) 166 hari
3. Kota Bima (NTB) 164 hari
4. Lombok Utara (NTB) 163 hari
5. Lombok Timur (NTB) 143
6. Boyolali (Jawa Tengah) 141 hari
7. Klaten (Jawa Tengah) 141 hari
8 Semarang (Jawa Tengah) 141 hari
9. Sragen (Jawa Tengah) 141 hari
10. Sukoharjo (Jawa Tengah) 141 hari

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *